Mobil BI Diserbu, Warga Tukar Uang Baru

Mobil BI Diserbu, Warga Tukar Uang Baru

PENUKARAN. Seorang warga menunjukkan satu paket penukaran uang rupiah kertas tahun emisi (TE) 2022, di pasar Kadipaten, Senin (22/8).--

 

RAKYATCIREBON.IDMAJALENGKA - Antusias warga Kabupaten Majalengka untuk bisa memiliki tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi (TE) 2022 cukup besar. Hal itu terlihat saat mobil kas keliling milik Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon di kawasan Pasar Kadipaten, yang diserbu puluhan warga yang hendak menukar uang, Senin (22/8).

 

Setiap satu paket penukaran, warga harus membawa uang Rp200 ribu untuk bisa mendapat 12 lembar uang baru. Satu orang dibatasi maksimal lima paket senilai sejuta.

 

Setiap paket terdiri dari pecahan Rp100.000 satu lembar, Rp50.000 satu lembar, Rp20.000 satu lembar, Rp10.000 satu lembar, Rp5.000 dua lembar, Rp2.000 tiga lembar, dan Rp1.000 empat lembar.

 

Salah seorang warga, Muhammad Taufik (56) mengaku rela datang jauh-jauh dari Cirebon. Hal itu dikarenakan dia sempat mencoba menukar uang di Cirebon namun kehabisan.

 

“Ya penasaran sama uang baru. Pas kemarin di Cirebon gak kebagian, kehabisan makanya ini datang jauh-jauh ke Majalengka,” ujar Taufik, Senin (22/8).

 

Usai memegang uang baru, Taufik menyebut sebagian pecahan ukurannya ternyata lebih kecil dari uang tahun emisi sebelumnya. Utamanya seperti pecahan Rp50.000 hingga Rp1.000. Menurutnya, hal itu baik karena akan lebih mudah disimpan di dalam dompet atau amplop.

 

“Uangnya lebih kecil bagus, kelihatan segar dan ukurannya beda-beda,” ucapnya.

 

Dia juga mengaku untuk sementara uang baru tersebut tidak akan digunakan lebih dulu. Taufik akan menggunakan uang tersebut saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran tahun depan.

 

“Kayaknya gak akan dipakai dulu, buat nanti lebaran. Tapi kalau di lapangan sudah banyak beredar, tak gak apa-apa dipakai,” jelas dia.

 

Sementara menurut informasi yang didapat, Kabupaten Majalengka menjadi daerah kedua yang menjadi tujuan mobil kas keliling BI untuk menerima layanan penukaran uang bagi warga sekitar.

 

Sebelumnya, mobil kas keliling BI Cirebon sudah melakukan pelayanan penukaran uang di Gedung RRI pada pekan lalu. Selanjutnya, Kabupaten Indramayu akan menjadi tujuan pelayanan penukaran uang yang akan digelar di Pasar Baru Indramayu, Rabu (24/8). (hsn)

 

Sumber: