Mahasiswa IAIN Kuasai Gedung Rektorat

Mahasiswa IAIN Kuasai Gedung Rektorat

DIALOG. Mahasiswa yang turun aksi demo berdialog dengan Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg terkait sejumlah tuntutan. Banyaknya jumlah mahasiswa yang masuk gedung rektorat, mengakibatkan pintu kaca sensor di gedung tersebut pecah. FOTO: SUWANDI/--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Ratusan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar aksi di depan rektorat kampus setempat, akhir pekan lalu. Semula aksi difokuskan di halaman rektorat. 

Mahasiswa membentangkan spanduk bertuliskan tuntutan aksi. Mereka membentuk lingkaran mengelilingi ban yang dibakar sembari terus menyuarakan tuntutan.

Setelah berorasi, mahasiswa merangsek masuk ke gedung rektorat. Banyaknya jumlah mahasiswa yang masuk mengakibatkan pintu kaca sensor di gedung tersebut pecah. 

Setelah berhasil masuk dan menguasai gedung rektorat saat aksi, mahasiswa ditemui Rektor IAIN Cirebon Dr H Sumanta Hasyim MAg, Wakil Rektor II Dr Kartimi MPd, Direktur Pascasarjana Prof Dedi Djubaedi MAg dan sejumlah petinggi kampus. 

Mahasiswa menuntut sejumlah poin. Antara lain segera direalisasikannya dana PBAK 2022, pembenahan manajemen transisi Satker PNBP ke BLU, dan pembenahan pelaksanaan SPMB gelombang 2. 

BACA JUGA:Mahasiswa IAIN Tantang Rektor Transparan Kelola UKT

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Cirebon, Fatihul Fauzi menjelaskan, aksi tersebut digagas oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa DEMA IAIN Cirebon bersama sejumlah Ormawa di kampus tersebut.

"Beberapa hal terkait evaluasi kinerja rektorat selama 57 tahun berdirinya lembaga, antaranya tuntutan terkait anggaran yang cut off karena transisi PNBP ke BLU," jelas dia. 

Fatihul Fauzi mengatakan, aksi mahasiswa bagian dari peran mahasiswa mendorong adanya perbaikan manajemen di IAIN Cirebon yang masih dinilai carut marut.

"Alhamdulillah berjalan sesuai rencana. Namun ada unsur ketidaksengajaan perihal rusaknya fasilitas pintu rektorat karena terdorong massa," tandasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menjelaskan, seluruh aspirasi dalam aksi mahasiswa ditampung dan dijadikan pertimbangan penentukan kebijakan.

BACA JUGA:Giliran PKL Depan IAIN Syekh Nurjati Bakal Ditertibkan

 “Tentu saja saya akan panggil sektornya yang pertama adalah Warek II, Kasubag Kemahasiswaan dan Perencanaan, Kepala Biro dan Warek III akan duduk bersama," katanya.

Dia berjanji bakal mempertimbangkan solusi yang konkret bagi permasalahan yang disampaikan mahasiswa. Bahkan, memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk ikut membahasnya di level pimpinan. 

Sumber: