KIB Hanya untuk Pilpres Bukan Pilkada

KIB Hanya untuk Pilpres Bukan Pilkada

KOMITMEN. Ketua DPD PAN Kabupaten Indramayu Dedi Aryanto (kedua dari kanan) foto bersama petinggi Partai Golkar dan PPP saat pembukaan Rakerda dan Pendidikan Politik DPD Golkar Indramayu. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID–Soliditas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di semua tingkatan dipastikan tetap terjaga. Bahkan, Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Indramayu meyakinkan komitmen bersama yang telah disepakati di tingkat pusat ditindaklanjuti hingga daerah.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPD PAN Kabupaten Indramayu, Dedi Aryanto. Menurutnya, Soliditas yang terbangun diyakini akan tetap terjaga untuk meraih target pada Pemilu 2024. 

Bahkan, kata Dedi, partai yang tergabung dalam KIB sudah berkomitmen untuk menyepakati figur pilihan untuk calon presiden nanti.

“Insya Allah KIB akan tetap solid di tingkat pusat maupun daerah. Tiga partai sudah komitmen bahwa nanti siapapun yang dipilih oleh KIB presidennya, partai dari tingkat pusat sampai kabupaten insya Allah akan mendukung dan memenangkan calon yang diusung,” jelas Dedi, Selasa (23/8).

Dikatakannya, keberadaan KIB bertujuan untuk berkoalisi di pemilihan presiden dan wakil presiden Indonesia pada Pemilu 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Bayu Baru Lahir Langsung Diberi Kado Adminduk Lengkap

Selain itu, yakni untuk menghilangkan politik identitas. “KIB kan tujuannya untuk berkoalisi di pilpres. Selain pilpres juga tujuan berbangsa dan bernegaranya sudah disampaikan ada 10 poin,” kata dia.

Disinggung kemungkinan KIB akan mewarnai Pilkada Indramayu di tahun 2024 nanti, Dedi belum bisa memastikan. 

Karena perhelatan pilkada baru akan digelar setelah kontestasi pilpres. Meski demikian tidak menutup kemungkinan KIB menjadi bagian dari pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati nanti.

“Insya Allah, tapi sementara ini kita masih fokus di pilpres untuk Pemilu 2024. Pilkada nanti dibicarakan lagi setelah pilpres. Sangat memungkinkan akan bergabung kembali karena sekarang sudah ada pendekatan awal,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily menyampaikan, target Partai Golkar untuk Pilpres 2024 yaitu memenangkan Airlangga Hartarto. Hal ini karena sudah menjadi keputusan musyawarah nasional (munas) Partai Golkar pada tahun 2019 lalu. “Airlangga Hartarto kita dorong melalui KIB untuk dapat dicalonkan menjadi capres,” ungkapnya.

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Kader Golkar Harus Bergerak ke Akar Rumput

Ia juga memastikan, KIB di tingkat Jawa Barat sampai saat ini tetap solid. Terlebih lagi pada Juni 2022 lalu telah dilaksanakan deklarasi bersama. 

Tiga elemen penting dalam deklarasi selain dirinya, yaitu Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari dan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diwakili oleh Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

Sumber: