DPRD Minta Pengelola Tol Penuhi Hak Warga

DPRD Minta Pengelola Tol Penuhi Hak Warga

TAGIH PERHATIAN. Sofatillah sampaikan aspirasi warga di dapilnya terkait kebutuhan JPO untuk mempermudah akses jalan warga. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Banyak keluhan dari warga di Desa Lungbenda Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon. Pasalnya, wilayah mereka terpotong oleh jalur tol. Mereka meminta, agar diberikan akses Jembatan Penyebrangan Orang (JPO), untuk mempermudah akses. 

Keluhan-keluhan itu, disampaikan kepada wakil mereka di DPRD Kabupaten Cirebon, agar aspirasinya bisa tersampaikan. Hal itulah yang diakui Sofatilah, anggota komisi II DPRD Kabupaten Cirebon. 

"Kami wakil rakyat dari dapil sana. Banyak aspirasi yang sering disampaikan kepada kami, baik secara langsung ketika reses, atupun melalui sambungan telepon. Mereka ingin, ada JPO untuk mempermudah akses masyarakat disana," kata Sofatillah ketika rombongan Komisi II berkunjung ke PT Jasamarga Palikanci, kemarin. 

Politisi Gerindra itu tidak menampik, memang akses jalan utama, ada. Hanya tetap saja, JPO itu dirasa dibutuhkan. Khususnya, bagi anak sekolah. Karena untuk ke sekolah, mereka harus memutar. Menghabiskan waktu lebih banyak. "Memang ada akses jalan layang. Tapi itu lebih jauh. Akan jauh lebih efisien, kalau disediakan JPO. Kan anak sekolah butuh ketepatan waktu. Kalau harus memutar, lebih jauh. Kasian," imbuhnya. 

BACA JUGA:Forum LPM dan Paguyuban RW Minta Aktifkan Lagi Dana Bawal, Ketua Komisi 1: Saat Itu Banyak Temuan

Makanya, Sofatilah pun mewanti-wanti, agar pengelola Palikanci, bisa memprioritaskannya. Menyegerakan pembangunan JPO. Demi memberikan akses kemudahan bagi masyarakat yang terdampak, oleh keberadaan tol di wilayah mereka. 

"Kami minta, aspirasi ini bisa diperhatikan," akunya.

Pasalnya, sudah bertahun-tahun aspirasi itu tersampaikan. Bahkan pernah disampaikan langsung kepada pimpinan Jasamarga. Namun terus bergantinya kepemimpinan, aspirasi warga itupun seolah dibiarkan begitu saja. Tanpa tindaklanjut. 

"Kehadiran tol itu kan sudah cukup lama. Warga ketika menyampaikan, hanya diberikan janji saja. Realisasinya sampai saat ini belum ada. Kami mohon, kali ini, agar bisa diperhatikan," tegasnya.

BACA JUGA:Jangan Terburu-buru Menaikkan Tarif PDAM

Menanggapi hal itu, GM PT Jasamarga Palikanci, Nasrulloh mengaku siap menindaklanjutinya. Pihaknya akan mengkroscek terlebih dulu, dimana lokasi dimaksud. "Nanti kita tindaklanjuti. Kita akan kroscek dulu," pungkasnya.

Sumber: