Bisa Diakses Publik, Sekda Dian Buka Diseminasi Kuningan Satu Data

Bisa Diakses Publik, Sekda Dian Buka Diseminasi Kuningan Satu Data

WALI DATA. Sekda Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi membuka Diseminasi Data Pada Aplikasi Kuningan Satu Data dan Mengenal Metadata Statistik bertempat di Wisma Permata Kuningan, Selasa (30/8).--

RAKYATCIREBON.IDKUNINGAN- Diskominfo sebagai wali data harus dapat memasilitasi penyajian data tersebut yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam satu aplikasi satu data yang dapat diakses oleh masyarakat.

Hal tersebut, disampaikan oleh Sekda Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi saat membuka Diseminasi Data Pada Aplikasi Kuningan Satu Data dan Mengenal Metadata Statistik bertempat di Wisma Permata Kuningan, Selasa (30/8).

“Saya merasa sangat bersyukur dan berbangga hati, dengan terselenggaranya kegiatan ini. Karena kegiatan ini untuk menyelaraskan diseminasi data pada aplikasi kuningan satu data dan mengenal metadata statistik tahun 2022 dari masing-masing SKPD sebagai produsen data yang ada di kabupaten kuningan,” papar Sekda Dian.

Di samping itu, kata Sekda, untuk mempermudah pengiriman dan penerimaan dalam proses komunikasi, dibutuhkan kegiatan diseminasi yang merupakan suatu proses interaktif dalam penyampaian inovasi, yang pada akhirnya dapat mengubah pola pikir dan tindakan orang yang terlibat. Sehingga, diseminasi bisa diartikan sebagai interaksi yang bisa membawa suatu inovasi.

Oleh karena itu, SKPD dan lembaga terkait sebagai penyaji atau produsen data dapat menyampaikan data sektoral yang akurat, mutakhir, terpadu dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga dapat terwujudnya forum satu data di Kabupaten Kuningan yang dituangkan dalam aplikasi Kuningan Satu Data yang dapat diakses oleh masyarakat umum. “Kemudian Diskominfo dalam hal ini juga sebagai wadah komunikasi koordinasi kegiatan statistik dapat menumbuhkan sinergitas antara BPS dan Dinas lainnya dalam menyediakan data bagi pemerintah maupun masyarakat,” ujar orang kuat ketiga di Pemkab Kuningan tersebut.

Sekda berharap kepada seluruh perwakilan SKPD dan lembaga terkait dapat menyelenggarakan statistik sektoral sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan baik dan akurat dan dapat menghasilkan data informasi publik yang akan dipublikasikan.

Sementara Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Kuningan, Wibawa Gumbira SSos MPd menyampaikan, kegiatan diseminasi ini agar seluruh stakeholder dapat memperoleh informasi, menginventarisir data statistik, menimbulkan kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.

“Maka dalam mengelola data statistik di Kabupaten Kuningan diperlukan kerjasama semua pihak untuk bisa terwujud. Untuk itu, kami Diskominfo Kabupaten Kuningan sebagai wali data telah menyediakan aplikasi/website untuk mewadahi hal tersebut yaitu website satudata.kuningankab.go.id, selanjutnya kepada SKPD sebagai produsen data dimohon dapat menyajikan data yang akurat untuk disajikan dalam website dimaksud,” tegasnya. (fik)

 

Sumber: