Refleksi Empat Tahun Kepemimpinan Acep-Ridho

Refleksi Empat Tahun Kepemimpinan Acep-Ridho

KOMPAK. Bupati Acep Purnama SH MH, Wabup HM Ridho Suganda SH MSi, dan Sekda Kuningan bersama istri kompak pose bareng, kemarin. FOTO: ALEHANDRO MALIK/RAKYAT CIREBON --

KUNINGAN, RAKYATCIREBON.ID - Tak terasa, sejak dilantik oleh Gubernur Jawa Barat pada 4 Desember 2018, masa kepemimpinan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH dan Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi, kini sudah memasuki tahun ke-4. 

Dalam perjalanannya, Bupati dan Wakil Bupati Kuningan periode 2018-2023 itu, mengawali langkahnya dalam membangun Kuningan dengan mengusung Visi Kuningan MAJU (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.

“Dengan segala keberhasilan prestasi maupun anugerah, tentu semua itu berkat kerjasama dengan Pak Wabup, Pak Sekda, jajaran SKPD dan Forkopimda, dan  dukungan  masyarakat, beserta pihak lainnya. Adanya program/kegiatan untuk terpenuhi adalah hal yang selalu kami inginkan. Kerja keras terus diupayakan, sekalipun dihadapkan Pandemi Covid-19 diawal tahun 2020,” ungkapnya.

Dalam perjalanannya, menunjukan prestasi yang diraih mulai tahun 2018 hingga 2021. Seperti di Tahun 2018, mendapatkan empat penghargaan, salah satunya penghargaan sebagai kabupaten yang melakukan pelayanan publik berbasis HAM, diberikan oleh  Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. 

Tahun 2019, meraih Penghargaan sebanyak 27, diantaranya Penghargaan meraih Predikat B Hasil Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) 2018 dan Anugerah Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA), Kategori Tata Kelola Destinasi tahun 2019 Kepada Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, diberikan  Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.

BACA JUGA:Bisa Diakses Publik, Sekda Dian Buka Diseminasi Kuningan Satu Data

Tahun 2020, penghargaan yang diraih, PR Indoesia Awards (PRIA) di ajang kompetisi kehumasan/public relations (PR) paling komprehensif se-Indonesia. Penghargaan Anugerah Swastisaba, penilaian sebagai Kabupaten Sehat. 

Tahun 2021, Penghargaan  dan prestasi yang diraih sebanyak 10, diantaranya Kuningan Raih WTP tujuh kali berturut-turut, Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Pratama Tingkat Nasional, Kuningan Masuk Tiga Besar Pertumbuhan Ekonomi Terbaik di Jabar, sebesar 0,09%.

Dan di penghujung tahun, menerima Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dengan predikat "Menuju Informatif' atas penyediaan Informasi Publik, dan Penghargaan Natamukti Award Tahun 2021, atas keberhasilan mendorong keberlangsungan pertumbuhan dan perkembangan UMKM.

Adapun proyek besar yang menjadi kolaborasi pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat yang sudah terwujud, di antaranya untuk proyek strategis nasional. Yaitu pembangunan Bendungan Kuningan yang sudah diresmikan Presiden RI Ir H Joko Widodo. Bendungan ini menyuplai air irigasi secara kontinyu bagi 3.000 hektare.

Revitalisasi Taman Kota Kuningan dan Masjid Syiarul Islam, Rehabilitasi Wisata Waduk Darma, Pembangunan Jalan Lingkar Timur sepanjang 7,2 km dimulai dari Desa Garatengah Kecamatan Japara sampai ke Desa Kedungarum, Jalan Lingkar Cipari, Banprop Comand Canter, Pusat Komando Data dan Gedung Setda Baru.

BACA JUGA:Wabup Ridho Tutup Turnamen Sepakbola Purwasari Bersatu

Adapun Penghargaan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan di Tahun 2022, di antaranya mendapatkan Penghargaan dari Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) sebagai “Terbaik Pertama” Pemerintah Daerah di Jawa Barat dalam Kinerja Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021.

Menerima Penghargaan Melalui-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten  Kuningan menerima penghargaan BAZNAS Award 2022,  kategori BAZNAS kabupaten/kota dengan dampak penyaluran Zakat Terbaik  dan juga sebagai Nominasi dalam kategori BAZNAS Kab/Kota dengan Kampanye Zakat Terbaik.

Sumber: