Organda Langsung Naikkan Tarif

Organda Langsung Naikkan Tarif

UNJUK RASA. Puluhan sopir angkutan umum mogok masal sebagai bentuk protes atas kenaikan BBM dan meminta pemerintah menaikkan tarif, Senin (5/9).--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Rencana unjuk rasa mulai terdengar di tengah kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Setidaknya, beberapa seruan demo muncul dari para pelaku transportasi, seperti sopir angkot. Di Kabupaten Majalengka, para sopir angkot sudah melakukan aksi mogok masal beroperasi, Senin (5/9).

Mereka menuntut adanya kenaikan tarif angkutan umum usai pemerintah menaikkan harga BBM. Tris (32), salah satu sopir angkot trayek Prapatan-Rajagaluh mengungkapkan, usulan-usulan demo mulai banyak disuarakan oleh sesama sopir angkot. Mereka sangat takut penghasilannya menurun dengan adanya kenaikkan harga BBM.

“Ini (mogok operasi) bentuk awal aspirasi dan protes kami. Jika dalam waktu 3 hari gak ada kenaikkan harga, sudah ada yang usul kalau mau aksi demo,” ujar Tris saat ditemui di pangkalan angkot di Kecamatan Sumberjaya,.

Sejauh ini, pihaknya telah mengusulkan kenaikan tarif dari semula Rp5 ribu menjadi Rp7 ribu. Usulan itu salah satunya dilakukan dengan menggelar aksi mogok beroperasi masal sesama sopir angkot.

“Kami meminta harga tarif penumpang naik dari Rp5 ribu menjadi Rp7 ribu. Ini kami anggap masih wajar karena kenaikkan BBM di mana kami yakin harga kebutuhan pokok lainnya akan naik,” ucapnya.

Puluhan sopir angkot ini menggelar aksi mogok dengan memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan raya Prapatan-Rajagaluh. Jalur tersebut merupakan trayek yang biasa dilalui sopir angkot untuk mencari penumpang.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Cabang Organisasi Angkutan Darat (DPC Organda) Kabupaten Majalengka mengeluarkan surat pemberitahuan besaran tarif angkutan kota dan perkotaan. Jalur Cikijing-Majalengka-Terminal Cipaku mengalami kenaikan menjadi Rp26 ribu yang sebelumnya hanya Rp20 ribu. Jalur Kadipaten Cirebon juga mengalami kenaikan yang sama sebesar Rp6 ribu.

Sementara untuk jalur Cikijing-Bandung semula Rp55 ribu, kini menjadi Rp66 ribu atau mengalami kenaikan Rp11 ribu. Kenaikan tarif juga dialami jalur Cirebon-Bandung yang semula Rp58.500 menjadi Rp77 ribu.

Paling sedikit mengalami kenaikan adalah kendaraan jalur Cirebon-Rajagaluh yang mengalami kenaikan sebesar Rp5 ribu. Semula, untuk jalur tersebut sebesar Rp15 ribu, pasca kenaikan BBM menjadi Rp20 ribu. (hsn)

Sumber: