Replika Pedati Gede Bakal Jadi Ikon Baru

Replika Pedati Gede Bakal Jadi Ikon Baru

MULAI DIKERJAKAN. Pembangunan replika Pedati Gede di kawasan BAT sudah dimulai. Beberapa pekerja terihat di lokasi pembangunan, kemarin. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Kota Cirebon sebentar lagi akan memiliki ikon baru. Yakni replika Pedati Gede yang saat ini pembangunannya sudah mulai berjalan di kawasan BAT, Lemahwungkuk.

Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Cirebon, Wandi Sofyan menyampaikan, pembangunan replika Pedati Gede memang sudah direncanakan sejak lama, dan baru tahun ini direalisasikan.

"Lokasi sudah dirapikan dan mulai dikerjakan. Kami juga sudah melaksanakan sosialisasi, dan alhamdulillah didukung juga oleh beberapa SKPD," ungkap Wandi.

Saat ini, pekerjaan sudah mulai dilakukan. DPRKP pun meminta maaf kegiatan masyarakat di wilayah itu sedikit terganggu, khususnya untuk para Pedagang Kaki Lima (PKL).

"Nanti menjadi taman BAT namanya, akan kami tampilkan replika Pedati Gede dengan ukuran yang sesungguhnya. Berbahan kayu, plat besi juga. Kemudian kita coating, agar tahan hujan dan panas," jelas Wandi.

BACA JUGA:Desakan untuk Firli Bahuri Nyapres Kembali Muncul, Kali ini dari Komunitas PKL Cirebon

Untuk pengerjaannya, taman BAT serta replika Pedati Gede tersebut sepenuhnya dikerjakan oleh DPRKP Kota Cirebon dengan anggaran pembangunan itu sekitar Rp2 miliar.

Pembangunan pun akan dilakukan mulai bulan ini hingga akhir tahun. Dan dikerjakan dengan mekanisme swakelola tipe dua, karena taman BAT dan replika Pedati Gede ini memiliki unsur sejarah dan budaya.

"Jadi tidak dilelangkan, dilaksanakan oleh tim ahli. Dari ITB juga menurunkan tim ahlinya," kata Wandi.

Sumber: