Bisma Mempermudah Pemohon SIM

Bisma Mempermudah Pemohon SIM

PEMBINAAN. Satlantas Polres Majalengka menggelar Bisma untuk masyarakat yang ingin mengajukan SIM, di Mapolres Majalengka.--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Majalengka, menggelar program Bimbingan Ujian SIM Majalengka (Bisma) untuk membantu masyarakat yang ingin membuat SIM (Surat Izin Mengemudi).

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi didampingi Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Ngadiman mengatakan, program Bisma untuk masyarakat yang belum memiliki SIM. Kemudian nantinya pemohon akan dilatih dan diberikan pengetahuan oleh Polres Majalengka untuk bagaimana melewati tes teori dan praktek.

“Program Bisma ini memberikan materi, panduan, kiat-kiat serta tips agar lulus ujian teori maupun ujian praktek pembuatan SIM," ungkap Kepala Polres Majalengka, AKBP Edwin Affandi di Majalengka, Rabu (14/9).

Kapolres menjelaskan, bahwa Bisma tersebut merupakan salah satu program unggulan Satlantas Polres Majalengka dalam membantu pelayanan kepada masyarakat yang ingin membuat SIM.

“Kami berkeinginan agar masyarakat juga bisa memiliki surat-surat berkendara yang lengkap dengan cara membantu melalui program Bisma ini,” kata AKBP Edwin.

Program Bisma tersebut dikhususkan untuk melatih masyarakat sebelum mengikuti ujian pembuatan SIM. Dengan mengikuti program ini, nanti masyarakat akan dipandu bagaimana cara menjawab soal-soal ujian SIM dan cara lulus ujian praktek melalui pemberian kisi-kisi dan tips dari petugas kepolisian.

Menurut dia, semua ini dilakukan dalam rangka mengajak masyarakat mematuhi dan mentaati aturan berkendara di jalan raya. Selanjutnya, yang telah dinyatakan lulus program Bisma akan melanjutkan ke ujian pembuatan SIM sebenarnya dan melengkapi berkas-berkas yang diminta.

“Syarat pembuatan SIM diantaranya e-KTP dan surat kesehatan. Jadi mau bikin SIM A atau SIM C, dua-duanya harus menyertakan persyaratan tersebut," jelasnya.

Masyarakat mengapresiasi kinerja pelayanan Satlantas Polres Majalengka dalam proses pengurusan SIM. Apresiasi tersebut dikatakan langsung oleh Hendri (45) salah seorang warga Kecamatan Majalengka.

“Saya mengapresiasi atas kinerja pelayanan pengurusan SIM di Satlantas Polres Majalengka, karena pelayanannya semakin prima,” kata Hendri saat mengurus SIM di mapolres setempat.

Bahkan, menurut dia, rasa salutnya dan apresiasi atas kinerja pelayanan Satlantas Polres Majalengka itu bukan hanya pada pelayanan yang prima, melainkan petugas pun sangat membantu dan ramah serta humanis dalam melayani.

“Saat saya melakukan pemohonan SIM, mekanisme seusai prosedur, hanya membayar sesuai PNBP saja. Oleh karena itu, kami pun salut atas pelayanan Satpas SIM di Polres Majalengka yang begitu nyaman,” jelasnya. (hsn)

Sumber: