Bupati Terima Penghargaan Presiden

Bupati Terima Penghargaan Presiden

PEDULI. Bupati Majalengka menerima penghargaan Lencana Melati dari Presiden RI, yang diserahkan Gubernur Jawa Barat di gedung Sate, kemarin.--

RAKYATCIREBON.IDMAJALENGKA - Presiden RI melalui Ketua Kwaran Budi Waseso memberikan penghargaan di bidang Pramuka berupa pemberian Lencana Melati, kepada Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd yang dinilai sebagai tokoh yang peduli terhadap gerakan kepramukaan.

Penghargaan tertinggi di bidang kepramukaan itu diserahkan dan disematkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang juga Ka Mabida, saat peringatan Pramuka tingkat Jawa Barat, Rabu (14/9) di halaman Gedung Sate Bandung.

Penghargaan Lencana Melati sendiri merupakan salah satu lencana jasa, tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa di dalam dan di luar Gerakan Pramuka yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang Iebih besar bagi kepentingan Gerakan Pramuka.

Drs H Eman Suherman MM Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka menjelaskan, jika penghargaan tersebut merupakan sebuah penghormatan dan penghargaan kepada Bupati Majalengka yang sangat berperan penting dalam memajukan Pramuka di Kabupaten Majalengka.

“Penghargaan ini merupakan sebuah pengakuan akan dedikasi dan totalitas doktor Haji Karna Sobahi sebagai seorang bupati terhadap kepramukaan, yang diberikan langsung oleh Kwartir Nasional dalam mengembangkan dan menggerakkan organisasi  Gerakan Pramuka,” jelasnya.

Selaku ketua Mabicab, Bupati Karna Sobahi kata dia juga dinilai telah memberikan dukungan baik moril, organisatoris serta financial yang signifikan dalam dunia kepramukaan. Hal ini telah terbukti disaat masa pandemi, dimana pramuka Majalengka tetap eksis dan berkiprah terjun langsung membantu pemerintah.

Hal tersebut, tentunya karena ada sebuah dukungan dari pengambil kebijakan seorang ketua Majelis Pembimbing Cabang, yaitu Bupati Majalengka.

Penghargaan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 090 Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Melati yang ditandatangani oleh Ketua Kwartir Nasional Komjen Pol (Purn) Budi Waseso pada tanggal 8 Agustus 2022.

“Bapak bupati mendapatkan lencana itu, sebuah penghargaan yang  sangat layak diterimanya bukan ujug-ujug dapat, dengan sebuah perjalanan panjang dalam membina gerakan pramuka selaku ketua Majelis pembimbing, apalagi sebelumnya beliau pernah mendapatkan lencana Pancawarsa IV dan Lencana Dharma Bakti. Ini sebuah kebagaan bagi seluruh keluarga besar gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka,” tambah Eman.

Sementara itu Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi, M.MPd dalam kesempatan tersebut mengatakan, sangat bersyukur atas perolehan penghargaan Lencana Melati Pramuka ini.

“Alhamdulilah, dianugerahi Lencana Melati sebagai penghargaan tertinggi gerakan Pramuka, penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus menumbuhkan jiwa kepanduan diri baik sebagai individu maupun sebagai pemimpin masyarakat,” ujar Bupati.

Menurut orang nomor satu di Majalengka tersebut, Pramuka merupakan sebagai sebuah organisasi yang dapat melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia, santun, mandiri, cinta tanah air, serta dapat mewujudkan karakter seseorang menjadi lebih baik jujur dan berdedikasi tinggi.

“Semoga penghargaan ini semakin meningkatkan semangat dan dedikasi kita semua khususnya jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka,” pungkasnya. (pai)

Sumber: