Camat Dawuan Ajak BPD Bersinergi

Camat Dawuan Ajak BPD Bersinergi

KERJA SAMA. Camat Dawuan meminta pengurus PABPDSI Dawuan sinergis dengan pemerintah desa hingga kabupaten, demi percepatan pembangunan di desa masing-masing.--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Camat Dawuan Uju Gustawan SE mengajak semua anggota BPD yang tergabung dalam Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI) di Kecamatan Dawuan, untuk bersinergi dengan pemerintahan desa, kecamatan, dan kabupaten.

Sinergitas antara BPD dan pemerintahan desa sangat penting dalam upaya percepatan pembangunan, pasalnya BPD memiliki peran dan fungsi yang sangat vital dalam merancang dan menganggarkan pembangunan bersama kepala desa.

Sehingg menurut Uju, BPD dan pemdes harus seiring sejalan dan bekerjasama. Sebab pada dasarnya BPD merupakan mitra sejajar pemerintahan desa. Kekompakan dan kebersamaan serta sinergitas yang sudah terjalin selama ini antara BPD dan Pemdes, harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Peran BPD dalam pembangunan di desa dan jalanya roda pemerintahan di desa sangat penting, sehingga keharmonisan dan sinergitas harus terus bisa dijaga agar program pembangunan bisa berjalan sesuai harapan,” pesanya saat bertemu dengan para pengurus PABPDSI Dawuan.

Camat memberikan apresiasi kepada PABPDSI Kecamatan Dawuan yang selama ini sangat kondusif dan kompak, sehingga hal itu akan menjadi modal bagi desa-desa di wilayahnya untuk meningkatkan pembangunan di desa masing-masing.

Sementara Sekretaris PABPDSI Kabupaten Majalengka Drs Deden Hamdani menjelaskan, jika BPD merupakan mitra sejajar dengan pemerintahan desa yang memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan di desa. Terutama terkait pembahasan anggaran, pembuatan regulasi, dan peraturan desa hingga peran pengawasan kinerja dan hasil pembangunan.

“BPD sesuai aturan dan Undnag-undang merupakan lembaga desa yang memiliki peran dan fungsi sebagai wakil masyarakat, yang harus sinergis dan menjalin kemitraan dengan pemerintahan desa guna peningkatan sektor pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Sehingga pemerintah desa dan BPD harus seiring sejalan dan selalu bersama sama dalam memecahkan persoalan yang ada di lapangan, sebab dengan sinergitas maka pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat akan lebih maksimal. (pai)

Sumber: