Hasil Survei BPS, Ini 10 Provinsi yang Paling Tidak Bahagia; Mungkin Kamu Masyarakatnya

Hasil Survei BPS, Ini 10 Provinsi yang Paling Tidak Bahagia; Mungkin Kamu Masyarakatnya

--

RAKYATCIREBON.ID, BATAM - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan Provinsi Kepulauan Riau masuk daftar 10 daerah paling berbahagia. Provinsi Kepulauan Riau berada di urutan keenam, berdasarkan survei yang dilakukan BPS.

Menurut Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad terdapat beberapa faktor pendukung dalam penilaian yang dilakukan BPS sehingga Kepri masuk dalam daftar provinsi paling bahagia.

Di antaranya sisi keamanan, sisi ketersediaan fasilitas publik, serta menekan angka kriminalitas. "Ya, senang, masyarakat di Kepri ini dari sisi keamanan, ketertiban, ketenteraman dari sisi moderasi, sisi ketersediaan fasilitas hiburan sudah di pandang memadai," ujar Gubernur Ansar di Batam, Selasa (27/9).

Lebih lanjut Ansar menyebut Pemerintah Provinsi Kepri terus mendorong pengembangan ruang publik agar bisa dinikmati oleh masyarakat setempat.

"Seperti mini zoo, pusat main anak, pusat komunitas. Jadi, masyarakat bisa berkreasi, beraktivitas dan berinovasi," ucapnya. Berdasarkan data yang dirilis BPS, terdapat 10 provinsi paling bahagia di Indonesia.

 Yaitu, Maluku Utara, Kalimantan Utara, Maluku, Jambi, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Sementara itu terdapat 10 provinsi paling tidak bahagia, yaitu Banten, Bengkulu, Papua, NTB, Jawa Barat, NTT, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Aceh dan Sumatera Barat.

Alat ukur indeks kebahagiaan yang dilakukan BPS yaitu Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilakukan setiap tiga tahun sekali melalui pengukuran terhadap kepuasan hidup, perasaan dan makna hidup. Indeks kebahagiaan Indonesia naik 0,8 persen menjadi 17,49 persen dibanding 2017. (Antara/jpnn/rakcer)

Sumber: