Tumbuhkan Cinta Matematika dengan Seminar KPA

Tumbuhkan Cinta Matematika dengan Seminar KPA

SEMINAR. Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Komunitas Peminat Aljabar (KPA) Wilayah Barat menggelar Seminar KPA, Sabtu (24/9) di Gedung Rektorat Lantai 2.--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID-  Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Komunitas Peminat Aljabar (KPA) Wilayah Barat menggelar Seminar KPA, Sabtu (24/9) di Gedung Rektorat Lantai 2.
 
Seminar ini diikuti sebanyak kurang lebih 280 orang dari segala kalangan, dimulai dari mahasiswa S1, S2, dan S3, guru, dosen dan seluruh civitas akademika yang ada di seluruh Indonesia.  
 
Komunitas Peminat Aljabar ini adalah bagian dari Organisasi Indo MS yaitu organisasi bidang Matematika dan Sains di Indonesia. 
 
Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Cirebon, Dr H Farihin MPd membuka langsung seminar  yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Tadris Matematika, Dr Muhamad Ali Misri MSi, Ketua Pelaksana, Herlinda Nur’Afwa Sofhya MSi dan Ketua Komunitas Peminat Aljabar Pusat, Dr I Gede Adhitiya Wisnu Wardhana MSi. 
 
Farihin mengatakan, kegiatan Seminar KPA ini terbagi menjadi dua sesi, sesi yang pertama disampaikan oleh Dr Faisal SSi MSi selaku Dosen dari BINUS University yang menyampaikan materi tentang 'An Algorithms for Finding the Cube Roots in Finite Fields' dengan di moderatori oleh Dosen Tadris Matematika IAIN  Cirebon yaitu  Rezza Oktiana Akbar MPd. 
 
Kemudian, sebelum dilanjutkan ke sesi kedua diseling penampilan dari mahasiswa Tadris Matematika, Amanda membawakan lagu 'Tak Ingin Usai'. Berikutnya, sesi kedua membahas tentang 'Aplikasi Pewarnaan Graf: Pemodelan Penjadwalan Ujian Berbasis Algoritma Bitwise Coloring Menggunakan Python' yang disampaikan oleh Dr Samsul Arifin SSi MSc selaku Dosen BINUS University dan dipandu oleh Yandi Heryandi MPd (Dosen Tadris MTK IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
 
"Seminar Komunitas Peminat Aljabar ini menjadi jembatan untuk menjalin kerjasama antar Komunitas Peminat Aljabar Wilayah Barat, Organisasi Indo MS, dan Jurusan Tadris Matematika IAIN  Cirebon," jelas dia.
 
Selain itu, dengan adanya seminar ini tentunya dapat meningkatkan eksistensi Jurusan Tadris Matematika IAIN Cirebon, khususnya di bidang Aljabar,  agar lebih dikenal di seluruh Indonesia. 
 
"Besar harapan kami, dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seluruh peserta seminar ini khususnya di bidang Aljabar," pungkasnya. (wan)

Sumber: