Wabup Ajak Masyarakat Lestarikan Pencak Silat

Wabup Ajak Masyarakat Lestarikan Pencak Silat

DUKUNGAN. Wabup Kuningan, HM Ridho Suganda menghadiri pelantikan enam DPC PPSI Kabupaten Kuningan, kemarin.--

RAKYATCIREBON.IDKUNINGAN - Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Pencak Silat Indonesia (DPD PPSI) Kabupaten Kuningan menggelar Agenda Pelatihan Juri Pasanggiri Pencak Silat, Penataran dan Pengkaderan Juri Pasanggiri Pencak Silat Tingkat dasar dan Pelantikan DPC PPSI Kabupaten Kuningan, bertempat di Gedung IPHI Kabupaten Kuningan di Kelurahan Cijoho pada Rabu (28/9).

Pelantikan Dewan Pimpinan cabang PPSI sebanyak 6 kecamatan, meliputi Kecamatan Cipicung, Kecamatan Cidahu, Kecamatan Ciawigebang, Kecamatan Kalimanggis, Kecamatan Darma dan Kecamatan Kadugede Kepengurusan Periode 2022-2026 Tahun, dihadiri oleh Wakil Bupati Kuningan H M Ridho Suganda SH MSi.

Wabup mengatakan, perlu kita syukuri bersama-sama, bahwa pencak silat merupakan produk asli nusantara yang saat ini telah mendunia dan diakui oleh unesco, sebagai warisan budaya tak benda khas Indonesia, sebagai kebudayaan sekaligus seni beladiri, pencak silat telah teruji sebagai salah satu identitas dan pemersatu bangsa.

Wabup menyampaikan bahwa merupakan tanggung jawab kita bersama untuk selalu memastikan kebudayaan milik kita agar tetap dijaga dan di wariskan kepada anak cucu kita, sehingga tidak ada lagi istilah “kebudayaan kita di curi oleh negara lain”.

Wabup berpesan, agar warisan leluhur Pencak Silat harus terus dijaga dan dilestarikan. Sebab Pencak Silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia.

“Sebagai generasi muda, kita harus menjaga dan melestarikan Pencak Silat sebagai salah satu warisan leluhur. Jangan sampai, Pencak Silat tergerus dengan budaya-budaya asing,seni bela diri pencak silat harus dilestarikan, karena jika bukan kita siapa lagi. Apalagi di era globalisasi ini banyak jenis seni beladiri dari luar negeri yang masuk ke Indonesia” katanya.

Pada kesempatan itu pula Wabup menyampaikan ucapan selamat kepada yang telah di tunjuk dalam kepengurusan DPC PPSI. “Semoga setelah dilantik dapat memberikan kontribusi nyata dalam memajukan seni beladiri pencak silat khususnya di Kabupaten Kuningan. Agar pada kepengurusan ini dapat berinovasi, pemikiran yang out of the box dan dapat mencetak atlet beladiri pencak silat yang dapat mengharumkan nama Kuningan di kancah regional, nasional maupun internasional,” ucapnya.

Melalui silat, kata Wabup, kita bisa mewujudkan kebersamaan berbagai elemen masyarakat, khususnya di Kuningan yang tujuan untuk bersinergi dan membangun menjaga berbagai kebudayaan” katanya, kebersamaan para pesilat dengan Dewan Pimpinan cabang PPSI ini sebagai salah satu langkah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, untuk menjaga keberadaan kebudayaan yang dimiliki bangsa ini khususnya dari Kuningan.(ale)

 

Sumber: