Progres Taman Pedati Gede 40 Persen

Progres Taman Pedati Gede 40 Persen

REPLIKA. Dipimpin langsung kepala dinas, Tim DPRKP meninjau pengerjaan replika Pedati Gede di sebuah workshop di Bandung. FOTO: IST FOR RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Pengerjaan replika Pedati Gede yang bakal menjadi ikon kebanggaan warga Kota Cirebon, dan saat ini dikerjakan di sebuah workshop di Bandung oleh para ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB), memperlihatkan progres menggembirakan.

Hal tersebut terungkap setelah tim dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), yang dipimpin langsung kepala dinasnya, melakukan peninjauan langsung ke Bandung beberapa waktu lalu.

Sejalan dengan pengerjaan replika di Bandung, dan setelah selesai akan dibawa untuk dirangkai, pengerjaan konstruksi di lokasi kawasan taman BAT, Lemahwungkuk juga terus berjalan dan memperlihatkan progres yang sesuai perencanaan.

"Di sini pengerjaan konstruksi taman sudah mencapai 40 persen. Kemarin kita tinjau ke Bandung, replika Pedati Gede-nya sudah 30 persen. Cetakannya sudah dibuat. Yang paling besar itu bagian sasis, panjang," ungkap Kepala DPRKP Kota Cirebon, Wandi Sofyan SSTP kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

BACA JUGA:Tata dan Percantik Taman Jalan Cipto Kota Cirebon

Dari laporan tim yang mengerjakan replika di workshop di Bandung, lanjut Wandi, ada beberapa kesulitan. Di antaranya mencari bahan baku berupa kayu jati yang sudah tua.

Bahan baku tersebut, kata Wandi, sulit didapat. Bahkan tim sudah berkoordinasi langsung dengan para perajin kayu di wilayah Jepara.

Namun, di samping kayu, pembuatan replika juga menggunakan bahan baku lain. Yakni memasukan unsur besi dan komposit untuk memastikan replika Pedati Gede bisa tahan di segala cuaca.

"Bahan kayu jati yang memenuhi syarat, kayu jati yang tua, itu sulit. Barangnya langka, sampai nyari ke Jepara. Sisanya ada unsur besi dan komposit," lanjut Wandi.

BACA JUGA:PT KAI Pasang Tarif Murah Kelas Eksekutif untuk Penumpang Rombongan

Menurutnya, jika progres pekerjaan konstruksi yang akan menjadi dudukan dari replika Pedati Gede sesuai rencana, maka pembuatan replika bisa diusahakan cepat. Bahkan, tim di Bandung sudah memprediksi bahwa pembuatan replika Pedati Gede akan bisa selesai akhir bulan Oktober ini.

"Ini akan ngebut. Jadi kalau di sini sudah siap, maka replika selesai dan siap dibawa. Akhir Oktober atau awal November bisa dibawa," jelas dia.

Mengenai anggaran sendiri, dari Rp2 miliar anggaran yang disiapkan untuk pembangunan taman replika Pedati Gede, untuk pembuatan replika dialokasikan sebesar Rp600 juta. Dan sisanya digunakan untuk pembangunan konstruksi taman Pedati Gede.

BACA JUGA:Waktunya Sudah Mepet, Proyek Jalan Kartini Kota Cirebon Belum Mulai

Sumber: