Partai Ummat Lolos Verfak

Partai Ummat Lolos Verfak

LOLOS VERFAK. DPD Partai Ummat Kabupaten Cirebon sudah diverfak KPU. Hasilnya dinyatakan memenuhi syarat (MS)--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Partai Ummat (PU) Kabupaten Cirebon sudah diverifikasi faktual (Verfak) oleh KPU. Hasilnya sudah keluar. Lolos. Dinyatakan memenuhi syarat (MS). Partai besutan Amin Rais itu pun siap menatap tahapan lanjutan dari KPU. Untuk memastikan sebagai peserta pemilu pada 2024 nanti.

Ketua DPD Partai Ummat Kabupaten Cirebon, Ian Subhan menjelaskan PU sudah melalui proses verfak yang dilaksanakan KPU. "Verfak administrasi di DPD sudah kemarin. Kita mendapat jadwal pertama. Ketua KPU sendiri yang datang. Ini menjadi kehormatan untuk PU," kata Ian kepada Rakyat Cirebon, Senin (17/10)

Ian memastikan pada saat verfak berlangsung, tidak ada kendala. Mulai dari Kesekretariatan, Kepengurusan. Semua lengkap. "Kan dicocokan antara data di KTP dan KTA. Kemudian terkait status kantor, domisili, struktur organisasi dan keterwakilan perempuan. Semua di kroscek," katanya. 

Keterwakilan perempuan dalam struktur partai pun sudah terpenuhi. Di PU sendiri kata Ian, sudah 35 persen. Melebihi dari yang diamanahkan undang-undang.

Hasil verfak sendiri kata mantan Ketua PAN Kabupaten Cirebon itu, langsung disampaikan. Status Partai Ummat sudah dinyatakan memenuhi syarat (MS). "Dari segi administrasi, kita (PU,red) sudah dinyatakan memenuhi syarat," kata Ian. 

Setelah verfak administrasi dilalui, PU langsung tancap gas. Mempersiapkan tahapan lanjutan. Yakni verifikasi keanggotaan. Hanya saja, untuk tahap lanjutan itu, belum diketahui kapan waktunya. 

"Kita mengikuti semua proses tahapan dari KPU. Setelah ini, memang mau ada verifikasi keanggotaan. Tidak cukup hanya mengirimkan data KTP dan KTA saja. Tapi akan dilakukan peninjauan langsung ke lokasi. By name by address. Begitu informasinya," kata dia. 

Sebelum tahapan itu dilakukan kata Ian, biasanya peserta Pemilu dikumpulkan oleh KPU. Diberikan informasi terkait kapan pelaksanaan tahapan lanjutan. Tentunya bagi PU, verfak keanggotaan bukan hambatan. Datanya, semua sudah valid. Kendati demikian, persiapan tetap akan dilakukan untuk memenuhi tahapan tersebut. 

"Kita akan persiapkan. Nanti akan disampaikan ke pengurus-pengurus PAC dan Puspilu. Meskipun bukan hambatan, mudah-mudahan kita dilancarkan dan tidak menemukan permasalahan," kata dia.

Ian memastikan PU se Jawa Barat, per hari ini Senin (17/10) semuanya sudah selesai dilakukan verfak. “Semua aman. Tuntas. Dan kita memang sudah siap tidak ada hambatan apapun. Karena ini memang sudah menjadi tahapan yang harus dilalui,” pungkasnya. (zen)

Sumber: