Gandeng PT Suteki, STKIP Yasika Wujudkan Smart Campus

Gandeng PT Suteki, STKIP Yasika Wujudkan Smart Campus

KERJASAMA. Ketua STKIP Yasika Majalengka, Arip Amin MPd dan perwakilan dari PT. Suteki Karya Nusantara Bandung menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam upaya mewujudkan Smart Campus, di ruang rapat rektorat STKIP Yasika Majalengka, Rabu (26/10). --

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA – Seiring terus bertambahnya jumlah mahasiswa dan usianya yang tahun ini ke 5, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yasika Majalengka terus berbenah.

Salahsatu upaya peningkatan layanan tersebut yakni mewujudkan smart campus melalui kerjasama dengan salahsatu perusahaan dari Bandung yakni PT. Suteki Karya Nusantara.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Ketua STKIP Yasika Majalengka, Arip Amin MPd dan dari PT. Suteki Karya Nusantara diwakili oleh David Hardi selaku Direktur Utama.

Ketua STKIP Yasika Majalengka, Arip Amin MPd didampingi Wakil Ketua I STKIP Yasika Majalengka, Lanlan Muhria, M.Pd menjelaskan, semakin bertambahnya jumlah mahasiswa, tentu menjadi kewajiban bagi pihak pengelola kampus untuk melayani mahasiswa dan seluruh sivitas akademika dengan baik.

Salahsatu bentuk layanan yang wajib ditingkatkan yakni dengan mewujudkan Smart Campus sehingga berbagai bentuk pelayanan kepada mahasiswa semakin baik.

“Kerjasama ini kami lakukan dalam upaya mewujudkan Smart Campus yakni agar seluruh pelayanan di kampus STKIP Yasika Majalengka betul-betul mudah dilakukan dan dirasakan oleh seluruh sivitas akademika dan khususnya para mahasiswa. Smart Campus ini adalah seperangkat teknologi cerdas dalam sebuah lingkungan akademis, seperti universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan sejenisnya yang menghubungkan perangkat keras dan lunak dengan para penggunanya, baik mahasiswa, dosen, dan seluruh sivitas akademika untuk menunjang proses belajar-mengajar yang lebih baik,” jelas Arip Amin kepada awak media, Rabu (26/10).

Dijelaskan Arip, solusi Smart Campus menawarkan berbagai jenis kemudahan bagi seluruh anggota sivitas akademika dan Smart Campus harus didukung dengan sejumlah teknologi informasi dan komunikasi yang andal agar dapat memenuhi kebutuhan sivitas akademika. Beberapa teknologi yang harus dipenuhi dalam mewujudkan Smart Campus tersebut adalah Internet Dedicated, Cloud dan Data Center, Managed Security, dan ahli teknologi yang bersertifikasi.

Sementara itu Sales Marketing PT Suteki Karya Nusantara, Tajudin Holil menjelaskan, kerjasama ini dilakukan pihak perusahaan dan STKIP Yasika Majalengka untuk mewujudkan Smart Campus dan salahsatunya layanan SIAKAD 4.0

Cloud yang merupakan sistem informasi akademik yang dirancang untuk memberikan kemudahan dalam mengelola administrasi kampus secara terintegrasi.

Mulai dari penerimaan mahasiswa baru secara online, manajemen kurikulum, membuat jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), mengelola data nilai mahasiswa, sistem pembayaran online dan berbagai kegiatan lainnya di perguruan tinggi.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi cloud computing membuat sistem informasi akademik semakin mudah dan hemat untuk diimplementasikan di perguruan tinggi dan ini akan menjadi opsi yang sangat menguntungkan bagi perguruan tinggi.

Setidaknya ada 7 keuntungan utama dari penggunaan SIAKAD Cloud 4.0 bagi perguruan tinggi yakni minim resiko investasi, langsung bisa digunakan online 24/7 secara non stop, hemat biaya pengembangan, meningkatkan kualitas layanan akademik, efisiensi biaya operasional kampus, peningkatan kinerja pegawai atau staf dan bisa juga sebagai Passive Income Kampus. (rls)

Sumber: