Figur Capres Alternatif, Nama Iriana Jokowi Muncul di Survei

Figur Capres Alternatif,  Nama Iriana Jokowi Muncul di Survei

Ibu Iriana Joko Widodo--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA — Gerakan Nasional Pemimpin Alternatif (GPA) 2024 memunculkan tujuh nama figur calon presiden (capres) alternatif.

Koordinator nasional GPA 2024 Ilham Muhammad membeberkan landasan pihaknya memunculkan tujuh figur pemimpin alternatif. Salah satunya menghindari polarisasi di tengah masyarakat, sebagaimana yang terjadi di pilpres sebelumnya.

Ilham mengatakan, gerakan nasional pemimpin alternatif 2024 adalah gerakan penetralisir penggiringan opini capres tertentu melalui media dan media sosial dalam kurun dua tahun terakhir.

"Juga memantik masyarakat Indonesia untuk menelaah figur alternatif yang memiliki kapabilitas menjadi kepala negara," ujarnya, dikutip dari pernyataan tertulis, Senin (14/11/2022).

Selain itu, gerakan tersebut kata dia dilakukan untuk mendorong figur potensial menunjukkan visi ke-Indonesia-an kepada masyarakat.

“Maka akan muncul bentuk partisipasi masyarakat dalam meghadirkan pemimpin alternatif agar tercipta iklim demokrasi yang berdaulat dan bermartabat,” terangnya.

Pada akhirnya, lanjut Ilham, akan mendorong Partai Politik lebih terbuka mengusung capres alternatif secara elegan dan profesional.

Maka dari itu, pihaknya melakukan penjaringan dengan dengan metode observasi 100 tokoh nasional, FGD, meta analisis data, dan uji publik tokoh-tokoh terpilih.

Penjaringan didasarkan pada tujuh indikator, diantaranya belum pernah menjadi kandidat dalam pilpres, mendapat dukungan masyarakat, punya pengalaman memimpin lembaga negara, berstatus sarjana, bukan bagian fungsionaris partai politik, dan terakhir memiliki komtimen memajukan Indonesia.

Dari 100 nama, lalu dijaring dengan indikator yang ditetapkan, tersisalah tujuh nama. Mereka diantaranya Iriana Joko Widodo, Lanyalla Mahmud Mattalitti, Andika Perkasa, Moeldoko, Tito Karnavian, Amran Sulaiman dan Rizal Ramli. (Arya/Fajar/Rakcer)

Sumber: