Pantai Rembat Jadi Wisata Edukasi Tanggap Bencana Abrasi

Pantai Rembat Jadi Wisata Edukasi Tanggap Bencana Abrasi

KOLABORASI. Pertagas menanam dan melakukan bersih-bersih di Pantai Rembat Desa/Kecamatan Juntinyuat. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November 2022. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID-Keberadaan Pantai Rembat di Desa/Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu dengan kondisi tergerus abrasi menyimpan banyak potensi. 

Melihat hal ini, PT Pertamina Gas (Pertagas) berupaya untuk andil memulihkan sekaligus mengembangkannya menjadi lokasi Wisata Edukasi Tanggap Bencana Abrasi.

Peranan yang dilakukan diantaranya, pada Kamis (24/11), Pertagas sebagai afiliasi Subholding Gas Pertamina melaksanakan kegiatan penanaman pohon, pembersihan pantai, dan edukasi abrasi. 

Kegiatan yang melibatkan banyak pihak termasuk siswa-siswi dari sejumlah Sekolah Dasar (SD) di desa setempat ini merupakan bagian dari program Perisai Bumi Pertagas.

BACA JUGA:PMK Masih Mengincar Hewan Ternak

General  Pertagas Operation East Region, Hendra Tria Putra Nasution mengatakan, kegiatan costal clean up dan edukasi abrasi menjadi salah satu langkah untuk menyebarluaskan informasi mengenai cepat tanggap menghadapi bencana. 

“Adapun sasarannya kepada berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan ketahanan daerah dalam menanggapi bencana khususnya abrasi,” ujarnya.

Kegiatan ini diawali dengan penanaman 800 pohon cemara laut dan mangrove jenis Rhizopora Apiculate. 

Terhitung sepanjang tahun 2021-2022, Pertagas bersama Kelompok Petani Mangrove telah menanam sejumlah total 2.650 pohon mangrove dan cemara laut.

BACA JUGA:Polres Kirim Bantuan Logistik ke Cianjur

Selain menanam, juga dilakukan bersih-bersih pantai atau coastal cleanup yang dilanjutkan dengan edukasi terkait bencana abrasi bagi siswa-siswi SDN 1-3 Juntinyuat. 

Pada sesi edukasi ini, Pertagas dan Kelompok Pengelola Wisata Pantai Rembat membagikan pengetahuan terkait abrasi yang meliputi penyebab, dampak, dan juga upaya-upaya pencegahannya.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, Ela Nurlaela Sari menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pertagas. Ia menilai perannya bermanfaat melalui pendampingan program eduwisata di Pantai Rembat.

Meski demikian tetap bersinergi dengan pemerintah desa dan masyarakat untuk  menjadikan wisata Pantai Rembat memiliki keunikan sendiri. Yaitu dengan ikon eduwisata yang berdampak pada geliat ekonomi masyarakat.

Sumber: