Orkestra Yusuf Oeblet Hibur Wabup-Sekda

Orkestra Yusuf Oeblet Hibur Wabup-Sekda

ORKESTRA. Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi dan Sekretaris Daerah Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi sangat menikmati musik orkestra yang disuguhkan Yusuf Oeblet, Sabtu (26/11). FOTO: ALEHANDRO MALIK/RAKYAT CIREBON--

KUNINGAN, RAKYATCIREBON.ID - Sajian orkestra dari director bertaraf internasional, yang disuguhkan Yusuf Oeblet dalam konser bertajuk “Rhythm Of The Forest” di Bumi Seni Tarikolot, Desa Sukamukti, Kecamatan Jalaksana, berlangsung meriah, Sabtu (26/11).

Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi dan Sekretaris Daerah Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, tampak menikmati musik orkestra yang disuguhkan Yusuf Oeblet, serta para penikmat musik orkestra terbius dengan karyanya. Wabup dan Sekda, sesekali berdiri dengan tepukan tangan dan turut bernyanyi dalam kemeriahan acara tersebut.

“Saya asli dan lahir di Desa Sukamukti. Perjalanan hidup yang membawa saya berkeliling  ke berbagai negara melalui musik. Ini adalah home , semua persembahan ini saya persembahkan untuk tanah kelahiran saya. Sekaligus memperkenalkan musik orkestra kepada masyarakat Kabupaten Kuningan, khususnya masyarakat Desa Sukamukti,” kata Yusuf Oeblet, di sela-sela konsernya.

Dikatakannya, konser orkestra yang kini dipertunjukan, akan menjadi acara rutin yang akan digelar per tiga bulan di Bumi Seni Tarikolot miliknya. Hal itu dimaksudkan, agar masyarakat Kabupaten Kuningan dapat menikmati pertunjukan musik orkestra secara langsung.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kapolsek Tampung Aspirasi Petani

“Untuk menyaksikan konser orkestra secara langsung, tiketnya itu sangat mahal. Tapi demi Kuningan dan khusus untuk masyarakat Kuningan, saya akan persembahkan pertunjukan orke stra disini, di Bumi Seni Tarikolot Desa Sukamukti setiap tiga bulan sekali, supaya masyarakat dapat mengenal dan menikmati musik orkestra secara langsung,” terangnya.

Selain pertunjukan orkestra yang akan digelar rutin per tiga bulan, dikatakan Yusuf Oeblet, pihaknya juga akan menggelar  Festival Internasional dilokasi yang sama.

“Sebelum konser malam ini, siang tadi, juga telah dilaksanakan Lomba Masak yang diikuti oleh peserta se Jawa Barat. Dan saya juga akan menggelar  Festival Internasional pada bulan Juni mendatang,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda usai menyaksikan konser, memberikan apresiasi dan rasa bangga karena Kabupaten Kuningan memilki seorang musisi,  director, dan komposer musik berkelas internasional. Dirinya merasa takjub, dengan pertunjukan musik orkestra yang disuguhkan Yusuf Oeblet.

BACA JUGA:Ini 5 Kecamatan Penghasil Cewek Cantik di Kabupaten Majalengka, Ada Ustadzah

“Ini adalah pengalaman pertama saya menyaksikan konser orkestra secara langsung, ini sangat luar biasa. Saya seperti larut dalam musik nya. Saya secara pribadi merasa bangga sekali, karena Kabupaten Kuningan memiliki seorang Yusuf Oeblet, musisi dan music director yang sudah dikenal dunia internasional,” ucap Wabup Ridho.

Sebagai Informasi, Yusuf Oeblet merupakan pengarah musik atau music direction di Tabuhan Nusantara. Ia lulusan Fakultas Bahasa dan Seni di IKIP Jakarta.

Berdasarkan akun linkedIn Yusup Oeblet, pengarah musik tidak langsung menjadi orang terkenal. Pada 1995, Yusuf Oeblet belajar dan bekerja di Teater Koma sebagai pemain musik untuk pertunjukan teater. Bakat musiknya ia salurkan juga untuk membuat jingle dan ilustrasi musik iklan dan serial televisi.

Tak hanya itu, Yusuf Oeblet juga kerap berbagi ilmunya melalui seminar. Salah satunya, ia pernah menjadi pembicara di National Art Education, seminar yang digelar Ford Foundation.

Sumber: