Penyalur Sembako Harus Tepat Sasaran

Penyalur Sembako Harus Tepat Sasaran

PEMBUKAAN. Bupati Indramayu Nina Agustina saat mengikuti prosesi pembukaan Bimtap Tim Koordinasi Bantuan Sosial Pangan Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2022. Kegiatan tersebut diikuti 375 peserta. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID - Bupati Indramayu Nina Agustina meminta penyaluran program sembako harus tepat sasaran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pernyataan itu disampaikan saat membuka kegiatan Bimbingan dan Pemantapan (Bimtap) Tim Koordinasi Bantuan Sosial Pangan Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2022, Selasa (29/11) di Aula PGRI Sindang. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu. Optimalisasi dan tepat sasaran tersebut diyakini akan berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Nina mengatakan, dengan visi Indramayu yang Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat (Bermartabat), pelaksanaan maupun penyaluran program bantuan sosial pangan harus dilakukan dengan optimal dan tepat sasaran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BACA JUGA:Sebanyak 833 Pendaftar Berebut Formasi Badan Ad Hoc

"Oleh karena itu, sejalan dengan visi Kabupaten Indramayu, maka saya berharap program sembako ini dapat dilaksanakan secara optimal dan tepat sasaran sehingga akan berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah telah mengupayakan dengan berbagai langkah secara maksimal. Salah satunya melalui program sembako yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM.

Adapun pelaksanaanya melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan, dan memberikan bahan pangan dengan gizi seimbang. 

Sehingga diharapkan dalam pelaksanaanya nanti bisa tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat harga, dan tepat administrasi. 

BACA JUGA:Lima Objek Wisata Terancam Ditutup

“Serta memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinsos Kabupaten Indramayu, Sri Wulaningsih menyampaikan, pada tahun 2022 Pemkab Indramayu telah melaksanakan peningkatan pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Hal ini sebagai salah satu program prioritas pemerintah daerah di bawah koordinasi Dinsos Kabupaten Indramayu.

Adapun tujuan diselenggarakannya Bimtap, lanjut Sri, yaitu untuk memberikan penguatan tentang kebijakan pelaksanaan program sembako, memberikan pemahaman tentang tugas tim koordinasi bantuan sosial pangan yang telah ditetapkan, meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Serta memberikan penjelasan tentang program sembako dalam perspektif hukum.

Sumber: