Guru Besar Ilmu Tafsir Lahir dari IAIN Cirebon

Guru Besar Ilmu Tafsir Lahir dari IAIN Cirebon

GURU BESAR. IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali mempunyai guru besar baru. Yakni Prof Dr Slamet Firdaus MAg. Prof Slamet menjadi guru besar di bidang Ilmu Tafsir. --

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID- IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali mempunyai guru besar baru. Yakni Prof Dr H Slamet Firdaus MA. Prof Slamet menjadi guru besar di bidang Ilmu Tafsir. 
 
Prof Slamet menuturkan, proses meraih guru besar dijalaninya sejak 2021. Konsentrasi Ilmu Tafsir dipilih lantaran Prof Slamet memang dikenal punya kedalaman ilmu mengenai tafsir dan Al-Quran. 
 
"Saya mengambil konsentrasi bidang Ilmu Tafsir. Proses pengusulan guru besar sudah dilakukan  dari sejak tahun 2021," katanya.
 
Prof Slamet mengatakan, jurnal akademik karyanya berhasil masuk di Jurnal Scopus dan dinyatakan telah memenuhi syarat minimal.
 
"Hal itu sudah menjadi realita yang harus dihadapi dan dilalui, mengingat menjadi persyaratan bagi setiap dosen yang berminat menempuh jenjang guru besar, terlebih jurnal terindeks Scopus yang bereputasi sebagai persyaratan khusus," jelasnya.
 
Prof Slamet berhasil menelurkan 4 karya jurnal internasional terindeks Scopus yang ditulis secara kolabiratif. Menurut Slamet, pencapaian jabatan fungsional pada hakekatnya anugerah dan ketentuan Allah SWT yang diberikan kepada hamba yang dikehendaki-Nya yang wajib disyukuri.
 
"Jika mendapatkan yang lebih lagi, maka bersyukurnya melebihi pula," ujarnya.
 
Prof Slamet menjelaskan, memulai proses guru besar bagi seorang lektor kepala dapat dimulai segera. "Kapan saja, terutama pada momen yang pas dengan menyadari dan meyakini sepenuhnya akan izin Allah SWT," pungkasnya. (wan)

Sumber: