Semua Jenis Cabai Naik, Pembeli Tetap Mencari

Semua Jenis Cabai Naik, Pembeli Tetap Mencari

TETAP DICARI. Pembeli tetap mencari cabai di pasar Sindangkasih Cigasong, meski harganya mengalami kenaikan, Senin (12/12). FOTO: HASANUDIN/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Harga sejumlah bahan pangan mengalami kenaikan jelang perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023. Seperti yang terpantau di pasar tradisional di dekat pusat kota Majalengka, kenaikan harga paling signifikan terjadi pada jenis cabai dan sayur-sayuran.

Koordinator Pengelola Pasar Tradisional Sindangkasih Cigasong Majalengka, Supriadi mengatakan harga jenis cabai paling murah dibanderol di angka Rp50 ribu per kilogram. Sementara cabai paling mahal di pasar itu, yakni cabai jenis rawit merah dan cabai merah beauty berada di angka Rp70 ribu.

“Hari ini untuk harga cabai semuanya mengalami kenaikan masing-masing Rp10.000 per kilogram. Cabai merah biasa hari ini jadi Rp60.000. Kemudian, cabai rawit merah dan cabai rawit hijau dibanderol di angka Rp50.000 per kilogram,” ujar Supriadi, Senin (12/12).

Selain harga cabai, kata dia, harga sayuran juga mengalami kenaikan. Seperti yang terjadi pada komoditas tomat, kali ini harganya Rp20 ribu per kilogram dibanding sebelum naik di harga Rp16 ribu per kilogram.

Kalau komoditas lain, seperti daging ayam ras masih di angka Rp38.000 per kilogram. Begitu juga dengan daging sapi yang masih di angka Rp 140.000 per kilogram. “Daging kambing juga masih Rp160.000 per kilogram, dan telur Rp32.000 per kilogram,” ucapnya.

Meski harga cabai mengalami kenaikan, namun tidak menurunkan masyarakat untuk mencarinya. "Ibaratnya, makan tanpa sambal itu kurang enak, jadi tetap saya belanja cabai," kata Savitri, warga Cigasong. (hsn)

Sumber: