MTQ Ajang Edukasi Mencintai Alquran

MTQ Ajang Edukasi Mencintai Alquran

MTQ. Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi (kanan) memperlihatkan piala bergilir yang akan diperebutkan dalam MTQ ke-54 tingkat Kota Cirebon tahun 2022 di Islamic Center, Kota Cirebon, Selasa (13/12). FOTO: HUMAS PEMKOT CIREBON/RAKYAT CIR--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) bukan semata-mata wahana untuk berlomba membaca Alquran. Namun jalan untuk mengedukasi umat agar mencintai Alquran.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, saat membuka MTQ ke-54 tingkat Kota Cirebon tahun 2022 di Islamic Center, Kota Cirebon, Selasa (13/12).

“Kegiatan MTQ merupakan salah satu program pembangunan bidang keagamaan,” ujar Agus.

Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan pemahamanan dan pengembangan nilai-nilai keagamaan di masyarakat. “Jadi kegiatan MTQ ini tidak semata-mata wahana untuk berlomba membaca Al-Qur’an,” ucapnya.

Namun lebih dari itu sebagai pembuka jalan untuk mengedukasi umat agar semakin mencintai dan membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui kegiatan MTQ ini, Agus berharap dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka. Sekaligus sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin.

Selanjutnya, untuk peserta yang mengikuti ajang MTQ kali ini, Agus berpesan untuk dapat dijadikan pengalaman dan bekal untuk lebih menekuni nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Alquran.

“Saya juga berharap nilai-nilai silaturahim dan kebersamaan antar kafilah senantiasa dijaga dan diperkuat,” harap Agus.

Sehingga MTQ merupakan wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah.

“Melalui kegiatan malam ini saya juga yakin bahwa Kota Cirebon tidak akan pernah kekurangan qori dan qoriah, mufassir dan mufassirah maupun hafiz dan hafizah,” tuturnya.

Hal ini dikarenakan akan selalu lahir generasi baru yang dapat mengharumkan nama Kota Cirebon baik di kancah nasional, regional bahkan internasional untuk memperluas syiar Islam. (sep)

Sumber: