Fahrudin Fa'iz Ajarkan Cara Asyik Berfilsafat

Fahrudin Fa'iz Ajarkan Cara Asyik Berfilsafat

FILSAFAT. HIMAFIL mengadakan kegiatan Seminar di Auditorium Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan tema 'Evolusi Filsafat dalam Konteks Globalisasi' yang dinarasumberi oleh akademisi filsafat ternama, Dr H Fahruddin Fa'iz SAg MAg. --

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID- Himpunan Mahasiswa Filsafat (HIMAFIL) mengadakan kegiatan Seminar di Auditorium Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan tema 'Evolusi Filsafat dalam Konteks Globalisasi' yang dinarasumberi oleh akademisi filsafat ternama, Dr H Fahruddin Fa'iz SAg MAg. 
 
Seminar ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan World Philosophy Day 2022 yang digelar di Bulan Desember. Sebelumnya Himpunan Mahasiswa Filsafat (HIMAFIL) telah mengadakan Opening Ceremony dan perlombaan-perlombaan. 
 
Kegiatan Seminar yang digabungkan oleh malam puncak menjadi bagian penutup dalam kegiatan World Philosophy Day 2022 ini dihadiri oleh pejabat kampus, jajaran dosen, Sema Institut, Dema Institut, Ketua Umum HMJ Fakultas Ushuluddin Adab, dan peserta seminar. 
 
Dalam acara pembukaan, ada beberapa hal yang disampaikan oleh ketua pelaksana World Philosophy Day 2022 yaitu  Budiman Yusuf. Seminar ini merupakan puncak dari kegiatan world philosophy day, beliau berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebab para panitia sudah berusaha sekuat tenaga meluangkan waktu dan pikirannya demi kesuksesan acara ini," katanya.
 
Dilanjut oleh sambutan dari Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Filsafat (HIMAFIL) Periode 2022-2023 yaitu saudara Mikail Soroush Sadrazaki. "World Philosophy Day 2022 merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh HIMAFIL, sebenarnya WPD jatuh pada tanggal 17 November 2022, hanya saja seminarnya diputuskan untuk diadakan pada Desember 2022, sekarang," jelasnya.
 
Ketua DEMA IAIN Cirebon, Fatihul Fauzi menambahkan pentingnya edukasi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh Ormawa Kampus IAIN Cirebon. 
 
Sebab ada beberapa hal yang membuat Kepala Jurusan AFI tidak dapat menghadiri acara, akan tetapi beliau diwakilkan oleh Dr Siti Fatimah MHum. Kemudian Pembukaan seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Adab (FUA) Dr H Anwar Sanusi MAg. 
 
Setelah sempat di jeda istirahat solat dan makan, kegiatan dilanjutkan kembali pada pukul 09.15 WIB dengan di pandu oleh MC non formal. Kegiatan seminar sangat meriah dan diluar ekspetasi panitia sebab yang hadir lebih dari 300 orang dimana melebih kuota yang diberikan oleh para panitia. 
 
Acara ini dapat pengakuan dari banyak dosen sebagai acara tersuksesnya HIMAFIL dalam mengadakan kegiatan-kegiatan sebelumnya. Sebab selain banyak masa yang datang, ternyata peserta juga banyak yang berasal dari luar kampus IAIN Cirebo  bahkan dari luar Cirebon. 
 
Mereka berbondong-bondong datang hanya untuk mengikuti kegiatan yang diadakan oleh HIMAFIL. Akan tetapi yang pasti mereka datang dari jarak yang tidak dekat dengan tujuan 1 ingin mengambil wawasan baru dari pemateri yang sangat jelas kita ketahui banyak dikagumi oleh masyarakat indonesia yaitu Dr H Fahruddin Fa'iz SAg MAg. 
 
Fa'iz membawakan materi selama 2 jam 45 menit. Namun dapat dikatakan sangat terasa cepat karena para peserta dibawa untuk menikmati apa yang beliau sampaikan.  Kajian selama ini tidak membosankan menurut peserta yang hadir sebab dapat dilihat beberapa kali peserta dibuat tertawa oleh narasumber.
 
Pukul 10.45 WIB seminar telah usai dan narasumber langsung kembali pulang ke Yogyakarta karena jadwalnya yang sangat padat. Di satu sisi kegiatan tetap berlanjut dengan dipandu MC. 
 
Mulai dari Pengumuman perlombaan dan dilanjut penampilan-penampilan dari mahasiswa AFI. Seperti Tari Mandlay, Nyanyi, Puisi, dan lainnya. Dengan terselenggaranya Rangkaian Kegiatan World Philosophy Day 2022 ini diharapkan kedepannya HIMAFIL menjadi suatu organisasi yang semakin maju dan dapat menaungi mahasiswa-mahasiswanya dalam mengembangkan potensi bakatnya. (wan)

Sumber: