Ketua PCNU Kota Cirebon Raih Gelar Doktor PAI

Ketua PCNU Kota Cirebon Raih Gelar Doktor PAI

GELAR. Ketua Tanfidziah PCNU Kota Cirebon, H Mustofa sukses meraih gelar doktor pada Program Studi Doktor PAI Pascasarjana IAIN Cirebon. --

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Ketua Tanfidziah PCNU Kota Cirebon, H Mustofa sukses meraih gelar doktor pada Program Studi Doktor PAI Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Mustofa menjalani sidang disertasinya yang berjudul Episetomologi Tafsir Pendidikan Multikultural dalam Al-Qur’an dihadapan tim penguji.
 
Usai sidang yang sengit, keputusan kelulusan Mustofa dibacakan langsung oleh Ketua Sidang sekaligus Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta MAg, usai sidang belum lama ini.
 
"Berdasarkan hasil rapat yudisium Sidang Terbuka Promosi Doktoral pada program studi doktor Pendidikan Agama Islam dengan mempertimbangkan prestasi akademik selama perkuliahan dan proses ujian sidang terbuka, maka dengan ini diputuskan saudara Mustofa dinyatakan lulus dengan Sangat Memuaskan. Selanjutnya, kepadanya diberikan hak untuk menyandang gelar doktor, sesuai dengan hak dan kewajiban serta kehormatan yang melekat pada gelar itu," ujar Sumanta.
 
Sumanta pun mengatakan bahwa Mustofa merupakan doktor ke-32 dari program studi PAI IAIN Cirebon. Sebelum keputusan tersebut diumumkan, sidang sempat diskors selama 20 menit untuk memberikan kesempatan kepada dewan penguji untuk memberikan nilai terhadap disertasi yang disusun oleh Mustofa.
 
Adapun dewan penguji dalam sidang tersebut antara lain, Prof Dr Izuddin Mushtofa MA dan Prof Dr Adang Kuswaya MAg. Keduanya bertindak sebagai oponen ahli dari UIN Sunan Gunung Jadi Bandung dan UIN Salatiga. Kemudian Prof Dr H Dedi Djubaedi MAg dan Dr H Farihin M Pd. Keduanya selaku penguji internal dari IAIN Cirebon). 
 
Serta Prof Dr H Jamali S MAg selaku Promotor Utama), Dr H Ahmad Asmuni MA selaku Ko-Promotor 1 dan Dr Siti Fatimah MHum selaku Ko-Promotor 2. Adapun bertindak sebagai Sekretaris Sidang yakni H Didin Nurul Rosidin MA PhD  yang juga Wakil Direktur Program Pascasarjana IAIN Cirebon.
 
Hadir pada sidang terbuka ini tokoh-tokoh PCNU Kota Cirebon, Dr KH Syamsuddin yang juga Dosen Fakultas Syari’ah IAIN Cirebon dan K Miftah dari Pesantren Benda Kerep Cirebon. 
 
Bagi Pascasarjana IAIN Cirebon, Dr H Mustofa bukan satu-satunya tokoh NU yang berhasil meraih gelar doktor. Sebelumnya ada Dr KH Aminuddin, Ketua Tanfiidziyah PCNU Kuningan dan Dr H Dede Sofyan Hadi, Pengurus PWNU Jawa Barat. 
 
Selain tokoh NU, ada juga alumni doktor yang merupakan tokoh ormas Islam lainnya seperti Dr H Amin Ridwan dari PUI, Dr. H. Ugin Lugina dari DMI dan ICMI dan Dr Arif Apendi dari Muhammadiyah.
 
Sidang terbuka promosi doktor tersebut diakhiri dengan ucapan pelepasan oleh H Didin Nurul Rosidin MA PhD, Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Cirebon. Dalam ucapan pelepasan tersebut, H 
 
Didin menekankan rasa bahagia sekaligus syukurnya bahwa IAIN Cirebon telah berhasil membangun kerjasama yang erat dengan berbagai ormas Islam sekaligus berkotribusi bagi peningkatan mutu SDM umat Islam. "Ini menjawab secara nyata pertanyaan tentang kiprah IAIN Syekh Nurjati bagi umat Islam," pungkas Didin. (wan)

Sumber: