Ini Kriteria Pemimpin Menurut Anies Baswedan

Ini Kriteria Pemimpin Menurut Anies Baswedan

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bicara soal esensi kepemimpinan yang baik untuk bangsa. Anies mengaku menghargai pendekatan programatik dalam mengurus bangsa ini.

Tapi menurutnya Indonesia justru bisa bangkit jika kepemimpinan yang hadir pendekatannya gerakan.

"Dia bukan hadir menawarkan pilih saya, saya akan selesaikan masalah anda, bukan. Tapi saya datang bergerak bersama untuk menyelesaikan masalah Indonesia," tuturnya dalam sebuah forum dikutip dari unggahan akun Twitter Sobat Anies, Kamis (22/12/2022).

Karena itu kepemimpinan yang terus didorong Anies adalah panggilan ala bermain angklung.

Kenapa? Anies menjelaskan angklung adalah pendekatan luar biasa yang memberikan kesempatan ke setiap orang membawa satu nada lalu dirigennya, pemimpinnya memberikan arahan notnya lalu yang terjadi muncul harmoni dan semua bergerak untuk membuat harmoni yang indah.

Jadi, kata Anies, pemimpin di Indonesia bukan datang berdiri di depan panggung mempesona semua orang, menyaksikan dia bermain.

Tetapi pemimpin datang menginspirasi, memberikan kesempatan untuk bergerak dan seluruhnya bersama-sama meraih yang dijanjikannya.

"Jadi, saya tidak melihat pemimpin sebanyak 1 orang yang datang menyelesaikan semua masalah, tapi 1 orang yang menjadi teladan yang kompetensinya diakui, yang dipercaya dan membuat kita bergerak bersama-sama," tegasnya. (Elva/fajar/rakcer)

Sumber: