TdL Sukses Digelar, Multi Efek Untuk Kabupaten Kuningan

TdL Sukses Digelar, Multi Efek Untuk Kabupaten Kuningan

POTENSI BESAR. Ajang TdL yang telah berlangsung beberapa waktu lalu dianggap bisa membawa efek positif bagi ekonomi masyarakat.--

KUNINGAN, RAKYATCIREBON.ID - Event Tour de Linggarjati ke 6 tahun 2022 yang baru dilaksanakan pada tanggal 16-18 Desember 2022, atmosfernya masih terasa hingga kini, ini semua terbukti dari testimoni masyarakat maupun dari jejak digital yang ada baik di medsos yang online dan off line.

Hal tersebut disampaikan penggiat Bike to Work Kabupaten Kuningan Dede M Nurdin, Senin (2/1).

Menurut Dede, dirinya selaku penggiat Bike to Work Kabupaten Kuningan yang barbasis komunitas, menyaksikan melalui pengalaman empirik yang langsung ikut serta dengan para pembalap, menulusuri rute yang telah di tentukan oleh panitia, dengan menggunakan sepeda motor.

“Ini dilakukan karena saya bukan atlet tapi ingin langsung merasakan atmsofer Tour de Linggarjati, menjelajah marcapada yang baru digelar akhir tahun kemarin, tepatnya bulan Desember,” ujarnya.

Hasil pengamatan selama tiga hari, kata Dede, animo masyarakat yang menyaksikan kegiatan Tour de Linggarjati dengan jalur yang dilewati oleh para atlet, masyarakat dengan sabar menunggu di jalur–jalur tersebut.

“Selaku penggiat sepeda, saya merasakan mutli efek dari kegiatan tersebut, karena event sport tourism TdL bukan hanya menyajikan view yang indah, tetapi dapat juga menguji resisthiohioensi atlet yang ikut dalam TdL ke 6 tahun 2022 ini, dari testimoni atlet mengatakan jalurnya lengkap ada tanjakan datar dan pudunan yang curam, ini yang membuat atlet ingin ikut di event TdL berikutnya,” ujar Dede.

Adapun mutli efek yang lainnnya lanjut Dede, yaitu sebagai media mencatak para atelet yang handal baik lokal nasional bahkan internasional, serta ada efek domino buat perputaran ekonomi  bagi masyarakat sekitar selama event ini di gelar, karena yang datang bukan hanya atlet saja tapi tim beserta keluarga yang di luar daerah juga ikut datang.

“Dalam gelaran TdL Mulai dari Gran Fondo, IRR Indivudual Road Race, Craterium, masyarakat sangat antusias untuk meyaksikan event tersebut terutama di hari sabtu IRR Men Elite dengan durasi jarak tempuh 129,8 KM, antusias masyarakat luar biasa  menyambut para atlet dan memberikan semangat, dilintasi oleh jalur event tesebut, mereka sangat antusias menunggu di pinggir jalan yang di lalui oleh atlet yang ikut di event tour de Linggarjati, saya berharap event ini di adakan setiap tahunnya,” pungkasnya.(ale)

Sumber: