Ridwan Kamil Minta Bupati Cirebon Rajin ke Pasar, Cek Harga Bawang Merah!

Ridwan Kamil Minta Bupati Cirebon Rajin ke Pasar, Cek Harga Bawang Merah!

Gubernur jawa Barat, Ridwan Kamil saat mengunjungi Pasar Pasalaran Plered Kabupaten Cirebon.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkunjung ke Pasar Pasalaran, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon.

Kunjungan gubernur Jabar, merupakan rangkaian agenda Siaran Keliling (Sarling) Jabar. Salah satu tujuannya adalah upaya pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi.
 
Karenanya, dilakukan kunjungan ke pasar untuk memantau pergerakan harga kebutuhan pokok maupun lainnya.

Langkah yang dilakukan Kang Emil, juga menindaklanjuti apa yang menjadi arahan dari Presiden RI, Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan saat Rakornas Forkopimda se-Indonesia di SICC Sentul, Bogor.

"Instruksi dari Presiden kepada kepala daerah adalah mengendalikan inflasi. Kabupaten Cirebon inflasinya di angka 4,8 persen," ucap Ridwan Kamil saat ditemui di Pasar Pasalaran, Kabupaten Cirebon, Rabu (25/1/2023).
 
"Jadi Cirebon saya apresiasi, salah satunya adalah Pak Bupati harus rajin ke pasar melihat (harga) apa yang naik dan mencarikan solusi," imbuhnya.

Ridwan Kamil mengungkapkan, guna menurunkan inflasi, Pemda Kabupaten Cirebon bisa melakukan subsidi anggaran transportasi barang.

"Karena ada anggaran tidak terduga boleh menyubsidi transportasi barang, kalau bisa menurunkan harga," sebut Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Ketika Kang Emil memantau harga bahan pokok di Pasar Pasalaran terdapat beberapa yang naik, di antaranya bawang merah dan buah-buahan impor.

"Saya monitor (di Pasar Pasalaran) yang naik itu bawang merah, kemudian buah-buahan impor. Lain-lain stabil, bahkan daging ayam lagi turun,  biasanya di atas Rp30.000 per kilogram sekarang Rp26.000," ungkapnya.(dri)
 

Sumber: