Siap-siap Dibuka, Menteri Basuki Minta Jalan Tol Cisumdawu Dirapikan

Siap-siap Dibuka, Menteri Basuki Minta Jalan Tol Cisumdawu Dirapikan

Jalan Tol Cisumdawu--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Update Tol Cisumdawu, akhir Februari ini ditargetkan seluruh proyek kontruksinya selesai.

Tol Cisumdawu juga diproyeksikan untuk bisa digunakan secara keseluruhan pada Lebaran 2023.

Nah, dampak dari beroperasinya Tol Cisumdawu ini akan dirasakan oleh warga masyarakat yang akan melakukan aktivitas mudik lebaran.

Tidak hanya itu, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka juga diklaim akan beroperasi setelah Tol Cisumdawu selesai.

BACA JUGA: Usai Dilantik, 1.009 Pantarlih Serentak Lakukan Coklit

Sudah bisa juga kah mudik lewat udara dari Bandara Kertajati Majalengka?

Kepastian mengenai beroperasinya BIJB diinformasikan di media sosial Instagram @infobijb.

Disebutkan bahwa, akan ada maskapai penerbangan yang kembali mengudara dari Bandara Kertajati.

“Alhamdulillah setelah beroperasi sampai dengan seksi 3, Insya Allah lebaran 2023 tol cisumdawu akan beroperasi seluruhnya sampai dengan seksi 6,” demikian keterangan tertulis dalam unggahan @infobijb.

“Dan pastinya, Wargi semua bakalan bisa terbang lagi dari Kertajati serta akses jalan menuju kawasan Grand Kertajati Aerocity dan Bandara Internasional Jawa Barat akan semakin terjangkau,” tambah keterangan tersebut.

BACA JUGA: Cek Lokasi, Warga 2 Desa di Karangampel Ini Masih Biasa BAB di Irigasi

Sayangnya, belum ada penjelasan resmi dari pihak BIJB apakah mudik Lebaran 2023 sudah bisa dari Bandara Kertajati Majalengka.

Meski demikian, sudah ada masyarakat yang mengharapkan bisa melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman lewat jalur udara dari Kertajati.

“Alhamdulillah, saya ingin bisa terbang mudik nanti ke BIJB biar bsa cepat sampai ke rumh di Argapura,,pnerbangan dari pekanbaru ke kertajati ada kan nanti teh/kang mimin?” tulis akun @zamzamme di kolom komentar.

Di sisi lain, pihak BIJB mengakui, kehadiran Tol Cisumdawu nantinya akan menjadi dukungan maksimal terhadap beroperasinya Bandara Kertajati Majalengka.

Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran PT PPRO BIJB Aerocity Development, Rizkita T Widodo. Menurut dia, ruas tol Cileunyi Sumedang Dawuan ini adalah dukungan infrastruktur yang sangat penting.

“Tol Cisumdawu merupakan salah satu dukungan infrastruktur yang sangat penting bagi Aerocity disamping dukungan konektifitas dan utilitas,” katanya.

“Artinya, Aerocity akan menjadi Kawasan bisnis yang prospektif dan memberikan nilai investasi tinggi di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian melakukan peninjauan Tol Cisumdawu di Jawa Barat, Jumat (10/2/2023).

Menteri Basuki terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

Terutama di Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km) dan Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 km).

“Akhir Februari ditargetkan fungsional. Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” pesan Menteri Basuki.

Sementara itu pada Seksi 5A dan 5B, Menteri Basuki berpesan untuk memperhatikan kerapihan dan manajemen waktu.

“Tolong manajemen waktunya ini diatur supaya lebih cepat selesai. Batu-batu yang nggak teratur juga dirapikan. Finalisasinya harus mulus biar jadi contoh yang baik,” tambah Menteri Basuki.(*)

Sumber: