JPPR Pastikan Pemilu 2024 Bermartabat, Siap Kawal!

JPPR Pastikan Pemilu 2024 Bermartabat, Siap Kawal!

KOMPAK: JPPR bersama Bawaslu Kab Cirebon berkomitmen siap mengawal pemilu serentak 2024. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Jaringan Pendidikan Pemilih dan Rakyat (JPPR) Kabupaten Cirebon memastikan siap mengawal pemilu serentak 2024.

"Kami ingin memastikan keterlibatan JPPR dalam mengawal hajat besar pemilu serentak 2024," kata Ketua Koordinator JPPR Kabupaten Cirebon, Fathan Mubarak ketika ditemui Rakyat Cirebon usai mengunjungi Kantor Bawaslu Kab Cirebon, Rabu (8/3).

Mengingat berdasarkan keputusan Bawaslu RI, bahwa JPPR telah ditetapkan sebagai lembaga yang terakreditasi melakukan pemantauan pemilu. Makanya, tutur Fathan pihaknya berkonsolidasi dengan Bawaslu.

"Ini bentuk komitmen kami JPPR bersinergi dengan lembaga-lembaga kepemiluan untuk pemilu yang sehat dan bermartabat," ujarnya.

Pria yang juga dikenal sebagai budayawan muda Cirebon itu menyebutkan setelah agenda lawatan dengan para steakholder, JPPR akan memunculkan produk diskursus tentang kepemiluan. Berbagai wacana kepemiluan dalam bingkai-bingkai politik, ekonomi, sosiologi, budaya, seni, akan mulai dipublikasikan.

Termasuk, beberapa implementasi praktis di sektor pendidikan politik. "Kami akan membuat semacam nujum panjang tentang pemilu mendatang. Beberapa fenomena bisa dijadikan indikator dengan tingkat presisi yang memadai. Ini akan kami rancang untuk memudahkan langkah-langkah preventif atas semua ekses negatif pemilu," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir menegaskam pemilu serentak 2024 adalah momen demokrasi terbesar sepanjang sejarah republik ini. Peran masyarakat sangat dibutuhkan. Makanya, kehadiran JPPR pun disambut terbuka. Ia pun berkomitmen akan menjaga kemitraan dengan lembaga-lembaga non pemerintah terlebih JPPR.

"Saya kira JPPR adalah mitra strategis bukan saja bagi Bawaslu, tapi juga bagi pemerintah dengan segenap instrumen pelaksana pemilu yang ada," kata Abdul Khoir. (zen)

Sumber: