Jangan Khawatir Kehabisan Tiket Mudik Lebaran, Ada Tambahan KA yang Siap Dioperasikan

Jangan Khawatir Kehabisan Tiket Mudik Lebaran, Ada Tambahan KA yang Siap Dioperasikan

Untuk memback up membludaknya animo penumpang mudik lebaran, PT KAI menyiapkan KA-KA tambahan yang tiketnya sudah mulai bisa dipesan. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KEJAKSAN - Mengantisipasi membludaknya penumpang pada musim mudik lebaran, yang hanya sekitar sebulan lagi, PT KAI pun menyiapkan beberapa skema penambahan rangkaian KA yang dioperasikan.
Di Cirebon, PT KAI Daop 3 pun menyiapkan kereta api tambahan untuk masa angkutan Lebaran, dimana tiketnya untuk keberangkatannya sudah bisa dipesan mulai hari Senin (13/03).

Pemesanan tiket untuk KA tambahan pada masa angkutan Lebaran, bisa dilakukan melalui semua kanal pemesanan tiket yang dibuka PT KAI, mulai dari aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, hingga berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama langsung dengan KAI.

"Bisa di stasiun, tetapi loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas, untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat yang mudik menggunakan kereta api pada momen Lebaran 2023," demikian disampaikan Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Takdir Santoso.

BACA JUGA: Seekor Ular Ditemukan di Bawah Meja BP Resto, Petugas Damkar Langsung Beraksi

Secara terperinci, lanjut Takdir, untuk memback up kebutuhan perjalanan mudik lebaran, pihaknya di PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan tambahan 9.690 tempat duduk KA Jarak Jauh, atau jika di rata-rata per hari, akan ada tambahan sebanyak 570 tempat duduk, yang akan tersedia khusus untuk perjalanan KA Argo Cheribon relasi Cirebon - Gambir, selama masa angkutan lebaran tanggal 14 sampai 30 April.

Berdasarkan data hasil rekap di PT KAI sendiri, sampai Minggu (12/03) malam, tiket KA Jarak Jauh Keberangkatan dari Daop 3 Cirebon untuk masa Angkutan Lebaran 2023 yang telah terjual, untuk keberangkatan KA pada periode 12 sampai 26 April 2023 adalah 10.486 tiket. Jumlah tersebut setara dengan 10 persen, dari jumlah keseluruhan tiket yang disediakan sebanyak 104.862 tiket.

BACA JUGA: Imbauan untuk Para Kuwu, Dana Desa Harus Bisa Kendalikan Inflasi Daerah

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," lanjut Takdir.
Untuk KA tambahan sendiri, selain rangkaian KA Argo Cheribon yang disediakan Daop 3 Cirebon, ada beberapa rangkaian KA tambahan yang disiapkan Daop lainnya, namun melintas di wilayah Daop 3.(sep)

Sumber: