Simak Tanggal Pendaftarannya, Cirebon Salah Satu Tujuan Mudik Gratis

Simak Tanggal Pendaftarannya, Cirebon Salah Satu Tujuan Mudik Gratis

--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Cirebon menjadi salah satu kota tujuan untuk mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Bukan hanya mudik, Cirebon juga menjadi salah satu kota untuk arus balik nanti secara gratis.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi membuka program mudik gratis angkutan lebaran 2023 mulai pukul 14.00 WIB hari ini, Senin (13/3).

Dalam program ini pihaknya menyiapkan sebanyak 585 bus penumpang dan 30 unit truk untuk mengangkut sepeda motor.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno merinci, 585 bus yang disediakan terbagi menjadi dua. Yakni, sebanyak 459 unit bus untuk arus mudik sedangkan sisanya 126 unit bus untuk arus balik.

“Demikian pula untuk armada angkutan darat atau truk ini ada 30 unit ini terbagi dua juga untuk arus mudik sebanyak 15 truk dan arus balik sebanyak 15 truk,” kata Hendro Sugiatno dalam konferensi pers yang dipantau secara daring, Senin (13/3).

BACA JUGA: Daftar KA Tambahan untuk Mudik Lebaran, Berserta Jadwal Keberangkatan

Ia menjelaskan, dengan armada yang disiapkan itu, Kemenhub menyediakan kuota untuk 24.072 orang. Adapun rinciannya, sebanyak 18.258 orang untuk keberangkatan arus mudik sedangkan 5.544 orang pada saat arus balik.

“Jadi, kuota mudik gratis adalah 24.072 orang, itu untuk kuotanya. Untuk berangkat mudiknya kita punya kuota 18.528 orang, untuk arus balik kita siapkan kuota 5544 orang. Untuk 30 unit truk akan mengangkut 900 sepeda motor. Ketika arus mudik kita siapkan 450 unit sepeda motor dan kembali juga 450 unit sepeda motor,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran mudik gratis angkutan lebaran tahun 2023/1444 H dari Kemenhub dilakukan secara online melalui aplikasi MitraDarat. Pendaftaran mudik gratis ini hanya akan dibuka dua hari, yakni hingga Selasa, 14 Maret 2023.

Pihaknya memastikan akan segera menutup pendaftaran apabila kuotanya sudah terpenuhi. Dalam program mudik gratis tahun ini Kemenhub membuka 28 kota tujuan yang bisa dipilih masyarakat.

Kota tujuan mudik gratis ini meliputi sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatera.

Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023 Lebih lengkap, berikut ini daftar kota tujuan mudik gratis 2023:

– Jawa Barat: Garut, Tasik, dan Cirebon
– Jawa Tengah dan Yogyakarta: Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.
– Jawa Timur: Tuban, Madiun, Surabaya, Malang. Tulungagung
– Sumatera: Lampung, Palembang.

Sementara itu, ada delapan kota asal arus balik, yaitu Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri

BACA JUGA: Jangan Khawatir Kehabisan Tiket Mudik Lebaran, Ada Tambahan KA yang Siap Dioperasikan

Bus mudik gratis Kemenhub tahun ini akan diberangkatkan pada 18 dan 19 April 2023 pukul 10.00 WIB. Pada 18 April, bus diberangkatkan dari Terminal Jati Jajar-Kota Depok, Terminal Pondok Cabe-Kota Tangerang Selatan, dan Terminal Polu Gebang-Jakarta, sedangkan pada 19 April 2023 dari Terminal Kampung Rambutan-Jakarta dan Terminal Poris Plawad-Tangerang.

Tak hanya menyediakan bus mudik gratis, peserta yang telah terdaftar juga berhak untuk mengikutsertakan sepeda motornya. Adapun khusus kendaraan ini akan diangkut ke kota tujuan pemudik dengan menggunakan truk. (jpg/fajar/rakcir)

Sumber: