Anggota Dewan Cek Kolesterol dan Timbang Berat Badan, Semoga Baik Semua

Anggota Dewan Cek Kolesterol dan Timbang Berat Badan, Semoga Baik Semua

Anggota DPRD Kabupaten Cirebon mengikuti medical cek up yang diselenggarakan di gedung Dewan. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

Anggota Dewan Dicek Kesehatannya
* RHB, Saya Ada Masalah, Kolesterolnya Lumayan



RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Ditengah kepadatan jadwal kegiatan anggota dewan, mereka menyisihkan waktu mengikuti pengecekan kesehatan yang difasilitasi Sekretariat DPRD Kab Cirebon, Selasa (13/3).

Tak hanya wakil rakyat saja, namun ternyata para pejabat, pegawai dan seluruh penghuni gedung DPRD dicek kesehatannya oleh Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Cirebon ke-541 mendapat sambutan positif.

Mereka patuh mengikuti instruksi dari petugas kesehatan. Seperti menimbang berat badan, tensi darah, mengukur tinggi badan, hingga cek kolesterol dan gula darah.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Cirebon, Asep Pamungkas, menjelaskan sebenarnya kegiatannya diinisiasi oleh Dinkes.

"Ya artinya supaya kesehatannya terjaga. Di situ kan untuk mengecek penyakit tidak menular," kata Asep.

Adapun cek kesehatan tersebut, lanjut Asep, yakni cek kolesterol, cek gula darah dan tensi darah.

Ia pun berharap, dengan kegiatan yang dilakukan hasilnya baik-baik saja. Semua penghuni kantornya itu tidak ada gejala maupun penyakit, karena tugas-tugas yang dijalankan cukup banyak.

"Ya mudah-mudahan hasilnya bagus semua. Tidak ada yang sakit, enggak ada yang bergejala-gejala sakit. Karena tugas kita ini cukup banyak, tanggungjawab kita cukup besar, mudah-mudahan kondisi fisiknya tetap bagus," kata Asep.

Selain itu, ia juga berharap pemeriksaan kesehatan semacam itu dilakukan secara rutin. Artinya diagendakan secara berkala oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, tidak hanya dalam memperingati Harjad Kabupaten Cirebon saja.

"Dan kalau saya harapkan sih, pemeriksaan seperti ini itu dikalenderkan. Apakah tiga bulan sekali, apakah enam bulan sekali kan bagus," ungkap Asep.

Salah satu anggota DPRD Kabupaten Cirebon yang ditemui Rakyat Cirebon, R Hasan Basori mengapresiasi difasilitasinya medical cek up bagi anggota DPRD. Meskipun pengecekan kesehatan dasar, tapi cukup bermanfaat.

"Minimal kita mengetahui problem dasar dalam tubuh kita. Ini sangat baik dilakukan di tengah-tengah kesibukan jadwal kegiatan anggota dewan," katanya.

RHB pun mengaku hasil dari pengecekan itu, akhirnya ia pun mengetahui bermasalah dengan kolesterol.
"Jadi kan ini sebagai rambu-rambu. Bahwa harus berhati-hati. Kurangi makanan yang mengandung lemak dan harus lebih sering berolahraga," pungkasnya. (zen)

Sumber: