Pejabat Eselon II Berebut Restu DPRD, 3 Nama yang Muncul Sudah Jadi Bahan Diskusi

Pejabat Eselon II Berebut Restu DPRD, 3 Nama yang Muncul Sudah Jadi Bahan Diskusi

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, HM Luthfi MSi memastikan tiga nama yang akan diusulkan daerah menjadi Pj Bupati, berasal dari keputusan legislatif. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Setelah Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Cirebon diketahui, suhu politik dikalangan birokrat memanas. Pasalnya, tidak serta merta Sekretaris Daerah (Sekda) bisa langsung jadi penjabat (Pj) Bupati.

Alasannya, karena eselon II apapun golongannya, memiliki peluang yang sama, untuk bisa mendudukinya. Namun, bukan berarti memangkas potensi Sekda naik tahta. Potensi itu, masih tetap ada.

Hanya saja, apakah peluang Sekda naik tahta itu, direstui DPRD? Belum pasti. Kebetulan, usulan dari daerah itu, harus berasal dari lembaga legislatif. Bukan dari internal eksekutif.

"Ya hasil kunsultasi dari biro hukum provinsi terkait pengisian Pj Bupati nanti, formulanya DPRD Kabupaten/Kota berhak mengusulkan tiga nama. Kemudian tiga nama lagi dari provinsi. Totalnya ada enam nama. Nanti disetorkan enam nama itu, ke Kemendagri. Yang menentukan dari Mendagri," kata Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, HM Luthfi MSi.

Ia menduga, meskipun provinsi memiliki kewenangan mengirimkan tiga nama untuk mengisi Pj Bupati, prioritasnya pasti berdasarkan usulan dari daerah masing-masing. Alasanya, 2024 Kabupaten/Kota se Jawa Barat, semua harus diisi oleh Pj. "Kalau semua dari provinsi, disana bisa kosong. Pasti prioritasnya berdasarkan usulan dari kita," katanya.

Makanya ketika masih ditataran daerah, bola panasnya akan terpusat di gedung dewan. Pertanyaannya, siapakah nanti yang akan  mendapatkan restu dari wakil rakyat? Sampai sejauh ini masih menjadi misteri.

"Itu nanti yang akan kita godok bersama pimpinan dan anggota lain. Mekanismenya seperti apa, pasti nanti kita sampaikan," kata politisi PKB.

Kendati demikian, tutur pria berkacamata itu, pihaknya sudah mulai menghitung, tiga nama yang kemungkinan akan direstui DPRD, berinisial huruf vokal semua. Tentu, lanjut Kang Luthfi, ketiganya sudah masuk eselon II.

"Hasil obrolan bersama teman-teman di DPRD, sejauh ini mengarah ke tiga nama yang akan kita persiapkan. Inisialnya huruf vokal," kalakar Luthfi, sambil menambahkan memang belum menjadi keputusan pasti. Tapi sudah menjadi bahan diskusi serius diinternalnya.

Belakangan, muncul dukungan, tiga kandidat Pj Bupati yang memiliki peluang besar bisa naik tahta, selain Sekda, Hilmy Riva'i, ada dua nama lainnya. Seperti Kepala Dinas BKPSDM, Hendra Nirmala dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Abraham Mohamad. (zen)

Sumber: