RKPD 2024 Jadi Perencanaan Terakhir Era Azis-Eti, Ini Kata Wawali

RKPD 2024 Jadi Perencanaan Terakhir Era Azis-Eti, Ini Kata Wawali

Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati saat memberi sambutan pada Musrenbang RKPD 2024, tahun terakhir penyusunan arah pembangunan di era Azis-Eti. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KEJAKSAN - Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, yang sudah disepakati melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD, Kamis (16/03, adalah tahun perencanaan pembangunan dibawah komando Azis-Eti.

Sebagaimana diketahui, masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota yang merupakan mandataris Pilkada 2018 tersebut, akan berakhir pada tahun 2023 ini, tepatnya tanggal 12 Desember akhir tahun ini.

Dalam sambutan pada Musrenbang RKPD 2024 kemarin, Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati, menyampaikan permohonan maaf, karena selama menjabat empat tahun terakhir ini, pembangunan tidak sesuai dengan harapan dan masih banyak kekurangan.

"Ini tahun terakhir saya bersama pak Azis ikut merumuskan arah pembangunan, untuk tahun 2024, harus diakui pembangunan kurang maksimal, kami sangat menyadari, mohon maaf atas kekurangan kami, target belum sepenuhnya terpenuhi," ungkap Eti.

Namun demikian, pada momentum terakhir ia ikut merumuskan kebijakan dan arah pembangunan Kota Cirebon, Eti ingin, rencana yang disepakati dalam RKPD 2024, bisa maksimal dan benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu, di masa-masa terakhir jabatannya sebagai Wakil Walikota, yang empat tahun terakhir mendampingi Nashrudin Azis, Eti pun memohon doa agar bisa menyelesaikan secara maksimal, apa yang masih menjadi PR dari visi misi Sehati.

Setidaknya, kata Eti, di akhir masa jabatan Azis-Eti, perekonomian, khususnya di Kota Cirebon yang ikut terpuruk karena dua tahun pandemi, bisa bergeliat kembali.

"Mohon doa, di sisa masa akhir jabatan, perekonomian kita bangkit, minimal bisa mengisi keterlambatan kami selama dua tahun pandemi," kata Eti.

Untuk kebangkitan perekonomian, Eti cukup meyakini, letak strategis kota kecil di pesisir Utara jawa ini, bisa menjadi kelebihan tersendiri, sehingga peningkatan ekonomi bukan menjadi hal yang mustahil di masa akhir jabatannya.

"Saya cukup yakin, sebagai daerah penyangga di Ciayumajakuning, ekonomi Kota Cirebon bisa meningkat. Salahsatu modal kita adalah wisata religi, dan mohon arahan dan dukungan kepadan Pemprov untuk kami memaksimalkan itu," ujar Eti.

Ditambahkan Eti, untuk RKPD 2024 yang sedang dipersiapkan, dan disepakati melalui Musrenbang, kedepan bisa sesuai dengan apa yang direncanakan, dimana pelaksanaannya nanti, tentu bukan lagi Nashrudin Azis sebagai Walikota, dan ia sebagai Wakilnya, namun tetap bisa dikawal bersama agar bisa sesuai dengan apa yang direncanakan.

"Musrenbang RKPD kali ini mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan di 2024, siapapun Plt kepala daerah yang nanti mengeksekusinya," imbuh Eti. (sep)

Sumber: