Dukungan Bupati Cirebon untuk Pemekaran Cirebon Timur Dianggap Tidak Serius

Dukungan Bupati Cirebon untuk Pemekaran Cirebon Timur Dianggap Tidak Serius

Kyai Usamah Mansur dalam halal bi halal di Desa Cibogo, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/5).--

RAKYATCIREBON.ID, WALED - Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) mengadakan halal bi halal di Desa Cibogo, Kecamtan Waled, Kabupaten Cirebon, Sabtu  (20/5).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua CTM Kyai Usamah Mansur menyindir keseriusan Bupati Cirebon H Imron dalam mendukung pembentuk Daerah Otonom Baru (DOB) Cirebon Timur.

Menurutnya, dukungan bupati terhadap pembentukan Cirebon Timur kurang serius, jika dibandingkan dengan dukungan bupati Indramayu dalam pembentukan Indramayu Barat.

Soal kajian akademik yang konon akan dibiayai oleh Pemkab Cirebon melalui APBD tidak ada kabar yang jelas.

 “Untuk itu, kami  segera menagih janji Bupati yang katanya mendukung penuh pemekaran WTC dalam bentuk real, bukan sekedar lipsstik politik semata,” tegas Ketua FCTM Usamah Mansur.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Teguh Merdeka mengatakan,  DPRD seribu persen sangat mendukung dan siap mengawal bahwa WTC, yang sudah saatnya untuk menjadi Daerah Otonomi Baru.

Oleh karena itu, Aspirasi tersebut dibuktikan dengan 152 Desa sudah mengadakan Musdesus yang tertuang dalam statuta yang dibuat FCTM.

“Jadi, bagi DPRD apa yang di lakukan eksekutif siap untuk menyetujuinya,” tegas Teguh Merdeka yang juga ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cirebon.

Lanjut Teguh yang asli WTC,  selama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan tidak melanggar peraturan serta Undang-undang yang berlaku, pembentukan WTC harus didukung.

Hal senada di sampaikan pegiat pemekaran H Dade Mustofa puluhan tahun kami berjuang untuk kemandirian WTC, dan hari ini memasuki babak baru dengan adanya Recomendasi DPRD Kabupaten Cirebon artinya tinggal langkah keseriusan Bupati Cirebon.

Tentunya jika persyaratan administratif sudah terpenuhi sementara persetujuan bersama belum jelas antara DPRD dan Bupati Cirebon.

“Apa perlu kami menagihnya dengan meluruk kantor Bupati dan Gedung DPRD Kabupaten Cirebon” ungkap Dade Mustofa di hadapan undangan yang hadir dengan nada berbagai api api.

Acara halal bihalal FCTM berlangsung di GOR milik Pemdes Cibogo, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon begitu meriah dan gegap gempita.

Hadir Camat Waled, Wakil Ketua DPRD, Anggota DPRD, Pengurus FCTM, Kuwu, BPD, seluruh pegiat Pemekaran dan sejumlah tokoh masyarakat Wilayah Timur Cirebon.(*)

Sumber: