Jalan Tol Cisumdawu Sudah Rampung, Malam Mingguan Tidak Perlu Memutar

Jalan Tol Cisumdawu Sudah Rampung, Malam Mingguan Tidak Perlu Memutar

Penampakan jalan tol Cisumdawu yang akan dibuka pada bulan Juni 2023 ini.--

RAKYATCIREBON.ID, SUMEDANG - Penampakan terakhir dari Tol Cisumdawu yang pada Bulan Juni 2023 ini, akan dibuka penuh mulai dari Cileunyi sampai dengan Kertajati.

Setelah mengalami keterlambatan dari target hampir 1 bulan, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan kini praktis sudah selesai seluruhnya.

Adapun pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu hanya tinggal menunggu uji laik fungsi (ULF) yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR).

Bila tidak ada temuan yang dianggap signifikan, tentunya Tol Cisumdawu sudah bisa dioperasikan secara fungsikan mulai dari Seksi 4 sampai dengan 6.

Dari pantauan visual, pekerjaan di Tol Cisumdawu untuk main road sudah selesai 100 persen. Adapun pekerjaan yang belum tugas yakni Interchange Legok.

Kemudian ada sedikit lagi pekerjaan yang tertinggal yakni main road ke arah Gerbang Tol Paseh, Kabupaten Sumedang.

Terlihat dari pantauan visual out ramp main road di Interchange Legok bahkan sudah hampir tuntas pembetonannya baik dari arah Bandung maupun Cirebon.

Bahkan pekerjaan pemasangan guide rail sudah mulai dilakukan di akses keluar masuk dari Gerbang Tol Paseh tersebut.

Area Interchange Legok tersebut ada 2 fokus utama yakni, off ramp arah Cirebon yang sedang diperkuat dengan bore pile.

Sedangkan fokus kedua adalah penyelesaian Overpass Panyingkiran ke arah Desa Bongkok, sudah terpasang.

Tinggal penyelesaian untuk main road di area Gerbang Tol Legok yang merupakan akses ke arah Conggeang.

Di luar pekerjaan di Seksi 4B tersebut, kini sudah selesai seluruhnya dan bisa digunakan oleh kendaraan.

Sebagai informasi, Seksi 4 sampai dengan 6 Tol Cisumdawu membentang dari Cimalaka di Kabupaten Sumedang sampai dengan Kertajati yang terhubung dengan Tol Cipali via Junction Dawuan.

Seksi 4 sampai dengan Seksi 6 tersebut memiliki panjang jalan sekitar 28,2 kilometer dan sempat dioperasikan satu arah untuk arus mudik dan balik lebaran 2023.

Area Seksi 4 mencakup Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 kilometer, Seksi 5 menghubungkan Legok - Conggeang sepanjang 15,4 kilometer dan Seksi 6 Ujung Jaya sepanjang 6,065 kilometer.

Seksi 6 Ujung Jaya memiliki 2 buah gerbang tol yakni Gerbang Tol Ujung Jaya 2 yang ada di Desa Cibuluh dan GT Ujung Jaya Utama yang terhubung dengan akses jalan ke Junction Dawuan Kertajati.

Tentu penyelesaian Tol Cisumdawu sangat dinantikan oleh masyarakat baik dari Bandung maupun Cirebon, termasuk untuk menunjang infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah.

Yakni untuk penunjang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka yang belum dapat dioptimalkan operasionalnya.

Sedangkan untuk masyarakat, Tol Cisumdawu ini tentu diharapkan dapat memperlancar perjalanan Bandung - Cirebon tanpa harus memutar, sehingga dapat menunjang mobilitas atau sekadar wisata atau malam mingguan.(*)

Sumber: