MPLS Tingkat SD Tanamkan Pendidikan Karakter Pancasila

MPLS Tingkat SD Tanamkan Pendidikan Karakter Pancasila

HARI PERTAMA. Kepala SDN Taman Kalijaga Permai, Fauziyah Yati Fajrin menuturkan, pada umumnya siswa baru berebut kursi sejak pagi di hari pertama masuk. Namun di SDN Taman Kalijaga, pihak sekolah menanamkan penerapan profil pelajar Pancasila. FOTO : SUWA--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON -  - Pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di tingkat SD difokuskan pada Pendidikan karakter. Hal itu dilakukan di SDN Taman Kalijaga Permai, Kota Cirebon.

Meski momen ini disambut antusias peserta didik, namun tidak terjadi aksi rebutan bangku paling depan baik oleh siswa maupun wali murid. Seperti yang terjadi di sejumlah sekolah lain.

Kepala SDN Taman Kalijaga Permai, Fauziyah Yati Fajrin menuturkan, pada umumnya siswa baru berebut kursi sejak pagi. Namun di SDN Taman Kalijaga, pihak sekolah menanamkan penerapan profil pelajar Pancasila.

Menurut Fauziyah, MPLS dilakukan di setiap sekolah saat masuk tahun ajaran baru. "Di tingkat SD biasanya siswa baru harus berebut kursi paling depan saat hari pertama masuk sekolah," katanya, kemarin.

Di SDN Taman Kalijaga Permai, siswa baru kelas satu saat masuk sekolah  disambut siswa lainnya dari kelas dua hingga enam beserta dampingan para guru. Sekolah ini mulai membudayakan anak peserta didik untuk menerapkan profil pelajar Pancasila.

"Sehingga saat pertama masuk sekolah ada beberapa unsur MPLS yang ditanamkan kepada siswa seperti pendidikan karakter dan juga berlandaskan Pancasila," tambah Fauziyah.

Menurut Fauziyah, momen MPLS di SD yang dipjmpinnya menerapkan enam dimensi yang ditanamkan kepada peserta didik. Seperti keagamaan dan akhlaknya, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, kreatif  serta bernalar kritis.

"Menggali minat dan bakat mereka sesuai dengan kodratnya dan juga karakter mereka kita masukan dalam MPLS ini," pungkas Fauziyah. (wan)

Sumber: