Transaksi Produk UMKM pada CEF 2023 Capai Rp1,2 Miliar

 Transaksi Produk UMKM pada CEF 2023 Capai Rp1,2 Miliar

TRANSAKSI. Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo menyampaikan CEF 2023 yang digelar tiga hari, Jumat - Minggu (21-23/7/2023) di pelataran Grage Mall membukukan transaksi penjualan produk UMKM senilai Rp1,2 miliar. Jumlah itu meningkat 15 persen dibanding t--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF) 2023 yang digelar tiga hari, Jumat - Minggu (21-23/7/2023) di pelataran Grage Mall membukukan transaksi penjualan produk UMKM senilai Rp1,2 miliar. Jumlah itu meningkat 15 persen dibanding transaksi pada CEF 2022.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Hestu Wibowo menjelaskan, besarnya transaksi produk UMKM se Ciayumajakuning pada CEF 2023 ini terjadi karena antusiasme masyarakat yang tinggi pada gelaran tersebut.

"Antusiasme tersebut juga terlihat dari jumlah pengunjung sampai hari ke 2 total mencapai  29 ribuan. Adapun Total prakiraan pengunjung dari kegiatan pagi sampai malam hari ini dapat mencapai lebih 20 ribuan pengunjung," ujar Hestu pada penutupan CEF 2023, Minggu (23/7/2023) malam.

Karena itu, pihaknya menyambut baik apresiasi masyarakat terhadap gelaran CEF 2023. Hal itu sebagai sinyal positif ekonomi Ciayumajakuning dapat pulih dan kembali tumbuh pasca dihantam Covid-19 pada kurun waktu 3 tahun terakhir.

"Untuk jumlah tenant dan pihak yang terlibat pada agenda ini mencapai  100 yang terdiri dari makanan ringan, minuman dan kopi, craft dan fashion, makanan ready to eat, serta mitra strategis BI," tambah Hestu.

Hestu berhatap, CEF dapat menjadi triger geliat ekonomi yang lebih masih di sejumlah daerah se Ciayumajakuning. "Harapan kami melalui CEF 2023, kita semua dapat bersinergi untuk memajukan UMKM dan pariwasata di wilayah Ciayumajakuning," tambahnya.

CEF 2023 mengusung ekonomi hijau berkelanjutan sebagai bagian dari upaya bersama meningkatkan kesadaran pada pola aktivitas yang ramah lingkungan. "Khususnya dalam mendukung momentum penguatan ekonomi yang tidak hanya tumbuh kuat namun juga tumbuh berkelanjutan," kata Hestu.

Rangkain CEF 2023 telah dimulai dengan beragam kegiatan sebelum puncak acara. Antara lain Peresmian MES Kota Cirebon tanggal 22 Juli 2023 oleh MES Provinsi Jawa Barat, MoU Pariwisata Ciayumajakuning, MoU SIAPIK 6 Perguruan Tinggi Ciayumajakuning (UGJ Cirebon, Unwir, Unma, Universitas Bunga Bangsa Cirebon, Uniku, IAIN Syekh Nurjati.

"Serta PSBI ke 5 penerima di wilayah ciayumajakuning di bidang Pendidikan, Sosial dan Keagamaan," tambah Hestu.

Selain showcasing UMKM, talkshow dan edukasi, CEF 2023 turut dimeriahkan dengan aneka lomba. Total terselenggara 14 lomba dengan total peserta mencapai hampir 350 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan dan berbagai umur.

Dari anak-anak hingga pekerja profesional seperti di kalangan perbankan. Beberapa lomba akan masih berlangsung dalam rangka mendukung acara Festival Ekonomi Syariah Jawa mendatang. (wan)

Sumber: