Dikunjungi Pengusaha Cina, Produk UMKM Kota Cirebon Didorong Go Internasional

Dikunjungi Pengusaha Cina, Produk UMKM Kota Cirebon Didorong Go Internasional

Para pengusaha Cina yang berkunjung ke Mall UKM saat diajak melihat produksi batik pewarna alam.--

Dikunjungi Pengusaha Cina, Produk UMKM Kota Cirebon Didorong Go Internasional

RAKYATCIREBON.ID,  KESAMBI - Setelah pernah didatangi oleh para tokoh pendidikan dari kampus terkemuka di India, Mall UKM yang berada di kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) kini berhasil menarik perhatian para pengusaha asal Cina yang sedang berada di Indonesia.

Diaspora Cina yang berkunjung ke Indonesia, salahsatunya datang ke Kota Cirebon, diajak untuk melihat produk-produk UMKM kebangaan Kota Cirebon yang sudah tertata di etalase Mall UKM, Kamis (10/08).

Di Mall UKM, rombongan Diaspora Cina tersebut pun disambut langsung oleh Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati bersama Kepala DKUKMPP, Iing Daiman.

Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati mengungkapkan, kunjungan delegasi, serta diaspora Cina ke Kota Cirebon sebetulnya bukan yang pertama kali, dimana para delegasi Cina sudah sering berkunjung.

Hanya saja, pada kesempatan kunjungan kali ini, khusus diajak untuk melihat produk-produk ekraf yang sudah tersaji di Mall UKM di kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP).

"Kunjungan ini bukan pertama, sudah sering berkunjung ke Cirebon, semoga pameran di Cina bisa mereka buka lebar untuk produk-produk UMKM kita," ungkap Eti.

Terlebih, lanjut Eti, Kota Cirebon sudah bukan orang lain bagi etnis tionghoa, dimana banyak kesamaan diantara keduanya, dan di Kota Cirebon, ada satu kampung, yanh sengaja di desain sebagai kampung Cina.

"Saling menguntungkan diantara kedua pihak, intinya kesamaan kultur ada di Cirebon, dan bagaimana pasca pandemi ini, kita bangun perekonomian dari segala lini, dan dengan berbagai pihak," jelas Eti.

Kota Cirebon sendiri, kata Eti, bangga memiliki etalase produk-produk UMKM berbentuk Mall, yakni Mall UKM yang digagas oleh perangkat daerah terkait, karena itu bisa menjadi salahsatu daya tarik Kota Cirebon yang bisa dilihat oleh dunia luar.

"Kita bangga punya Mall UKM, dan kita dorong agar produk UMKM kita Go Internasional, dengan kedatangan diaspora dan pengusaha Cina ke Cirebon, semoga membuat UMKM kita Go Internasional, terlebih akulturasi antara Indonesia dan Cina cukup kental," kata Eti.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman mengatakan, pihaknya sudah membuka komunikasi dan melakukan penjajakan dengan para pengusana Cina yang berkunjung ke Mall UKM tersebut, dan ternyata, mereka sangat konsen terhadap pengembangan UMKM.

Maka dari itu, setelah kunjungan ini, pihak DKUKMPP akan mengintensifkan komunikasi, sehingga diharapkan ada bentuk kerjasama yang terjalin antara kedua pihak, disamping Pemkot melalui DKUKMPP terus berupaya meningkatkan kualitas UMKM-nya, para pengusaha Cina juga diharapkan bisa ikut mendongkrak perluasan pemasarannya.

"Kami berharap, kunjungan ini ada follow up-nya. Karena setelah kami jajaki, ternyata diapsora Cina ini konsen terhadap UMKM. Kami berharap UMKM kita siap, dan minimal setelah ini, ada akses UMKM kami bisa mengisi pasar di luar negeri," kata Iing. (sep)

Sumber: