Tata Cara Bertayamum Saat dalam Perjalanan di Kereta Api

Tata Cara Bertayamum Saat dalam Perjalanan di Kereta  Api

Tata cara bertayamum di kereta api-Lima pilar-https://www.limapilartravel.com/tayamum-di-kereta/

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON  - Tayamum adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim ketika tidak dapat melakukan wudhu atau mandi junub karena tidak adanya air atau kondisi tertentu yang tidak memungkinkan.

Ketika kamu sedang dalam perjalanan dengan kereta dan tidak menemukan air di sekitar Anda, kamu dapat melakukan tayamum sebagai pengganti untuk bersuci sebelum sholat. 

Berikut adalah cara tayamum di kereta :

  1. Persiapkan alat yang dibutuhkan, seperti tanah, debu, atau benda yang mengandung tanah atau debu yang bersih dan suci. Anda dapat menggunakan bantal, karpet, atau benda lain yang ada di kereta yang memiliki unsur tanah atau debu.
  2. Niatkan tayamum dengan mengucapkan: Nawaitu at-tayammuma li raf’il hadatsi l-ashgharii fardhan lillahi ta’ala (Saya niat tayamum untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah ta’ala).
  3. Ketukkan kedua telapak tangan ke tanah atau debu, lalu usapkan ke wajah secara merata dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri.
  4. Ketukkan lagi kedua telapak tangan ke tanah atau debu, lalu usapkan ke kedua tangan dari pergelangan sampai siku secara berurutan. Mulai dari tangan kanan lalu tangan kiri.
  5. Tayamum selesai dan Anda dapat melaksanakan sholat.

BACA JUGA:Tips dan Cara Melunasi Cicilan Lebih Cepat dan Mudah, di Tunaiku Saja!

Hal-hal yang bisa Membatalkan Tayamum

Tayamum dapat dibatalkan oleh berbagai hal yang sama dengan yang membatalkan wudhu, seperti buang air besar atau kecil, keluar angin, keluar darah atau nanah dari luka, muntah, tidur, dan lain-lain.

Selain itu, tayamum juga dibatalkan oleh hal-hal berikut:

  • Menemukan air setelah melakukan tayamum dan sebelum sholat.
  • Tidak memungkinkan lagi untuk menggunakan tanah atau debu karena habis atau kotor.
  • Berakhirnya waktu sholat bagi orang yang melakukan tayamum karena takut ketinggalan waktu sholat.

Meskipun tayamum merupakan salah satu cara bersuci, perlu diingat bahwa ada beberapa perbedaan antara tayamum dengan berwudhu. 

BACA JUGA:Cara Mengajukan Top Up di Tunaiku dengan Cepat dan Mudah

Ketika berwudhu, kita disunnahkan untuk membasuh anggota wudhu sebanyak tiga kali. Sedangkan saat tayamum, kita cukup melakukan usapan satu kali saja. 

Baik saat mengucap wajah ataupun saat mengusap telapak tangan. Selain itu, bagian tangan yang wajib diusap saat tayamum hanya pada bagian telapak tangan sampai pergelangan tangan saja. 

Berbeda dengan saat wudhu, di mana kita wajib membasuh tangan sampai siku.

itulah tata cara bertayamum di kereta dan hal-hal yang membatalkan tayamum. (*)

Sumber: