Bikin Ngiler! Inilah 5 Makanan Khas Sunda yang Familiar dan Terpopuler di Masyarakat

Bikin Ngiler! Inilah 5 Makanan Khas Sunda yang Familiar dan Terpopuler di Masyarakat

Karedok, salah satu makanan khas Sunda di masyarakat.--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Suku Sunda merupakan kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa. Sama seperti berbagai etnis dan suku lainnya di Nusantara, masyarakat Sunda juga memiliki kebudayaan khas dan otentik, termasuk dalam hal kuliner.

Makanan khas Sunda sendiri menjadi salah satu menu makanan yang sangat tersohor kelezatannya dan juga unik dari segi rasa, bahkan bisa ditemukan di berbagai daerah di luar wilayah Jawa Barat.

Dari sekian banyak makanan Sunda yang ada, mana makanan khas daerah Sunda yang jadi pilihan favoritmu? Yuk, eksplorasi lebih banyak cita rasa makanan khas Sunda dengan cicipi ragam makan tradisional Sunda 5 diantaranya yang terpopuler berikut ini :

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata Air di Jatigede Sumedang, Asri dan Pemandangan Indah

5 MAKANAN KHAS SUNDA TERPOPULER

1. Nasi Tutug Oncom

Makanan tradisional Sunda satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan khas suku Sunda paling populer. Sesuai dengan namanya, Tutug Oncom, makanan khas Sunda ini terbuat dari nasi yang di-’tutug’ atau ditumbuk bersama oncom yang sebelumnya telah digoreng. Sajian Nasi Tutug Oncom khas Sunda kerap disajikan bersama lauk pauk sederhana khas Sunda seperti tahu dan tempe goreng, ayam goreng, lengkap bersama lalap sayuran segar serta sambal terasi.

2. Nasi Timbel

Selain Nasi Tutug Oncom, masih ada satu lagi sajian nasi khas Sunda lainnya yang tak kalah lezat, yakni Nasi Timbel. Makanan khas Sunda ini merupakan sajian nasi kukus yang dibungkus dengan daun pisang sehingga memiliki aroma cukup khas. Penyajiannya tak berbeda dengan sajian makanan khas Sunda pada umumnya, yakni bersama lauk-pauk tradisional seperti pepes, ayam goreng, tahu dan tempe, serta lalapan dan sambal sebagai pelengkap. Makanan Sunda ini cukup mudah ditemukan di restoran-restoran dan warung-warung makan khas Sunda.

3. Bakakak Hayam

Makanan khas Sunda selanjutnya yang wajib untuk dicicipi Adalah Bakakak Hayam atau Ayam Bakakak. Makanan khas daerah Sunda ini termasuk sajian yang kerap untuk kegiatan pesta adat, seperti pernikahan, sunatan dan upacara adat lainnya.

Umumnya terbuat dari bahan dasar ayam kampung, makanan khas suku Sunda ini diolah dengan ragam rempah sehingga memiliki cita rasa khas. Menu makanan tradisional Sunda ini biasanya disajikan dalam bentuk utuh satu ekor ayam.

BACA JUGA:Pesona Villa Shoeny Kampung Toga di Sumedang, Staycation Seru Bernuansa Alam

4. Karedok

Sumber: