Menaiki Kereta Khusus, Wapres Sambangi Cirebon; Jumatan di Gunung Jati, Lalu ke Buntet

Menaiki Kereta Khusus, Wapres Sambangi Cirebon; Jumatan di Gunung Jati, Lalu ke Buntet

Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Cirebon, Jumat (25/8/2023).FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM--

RAKYATCIREMON.ID, CIREBON-Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke CIREBON, Jumat (25/8/2023).

Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin beserta istri menumpang kereta api dari Stasiun Gambir Jakarta dan tiba di Stasiun Kejaksan Kota Cirebon sekitar pukul 10.45 WIB.

Setibanya di Stasiun Kejaksan Kota Cirebon, Wapres beserta istri disambut oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan Ibu Lina Marlina Ruzhanul Ulum beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jabar, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bariza Sulfi, Vice President KAI Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priandana, Kepala Stasiun Cirebon Dwi Hanggono Yuniadi, dan jajaran masing-masing.

Selanjutnya, Wapres didampingi oleh Wakil Gubernur Jabar melanjutkan perjalanan ke Komplek Sunan Gunung Jati di Jl Alun-alun Ciledug, Desa Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon dengan berkendara mobil.

Di Gunung Jati, Wapres disambut oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, untuk selanjutnya meresmikan Masjid Syarif Abdurachman dan melaksanakan ibadah Salat Jumat perdana di Masjid tersebut.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon Ayep Hanapi kepada radarcirebon.com mengungkapkan, KLB VVIP ini menggunakan 2 Lokomotif seri CC 206 yang dirangkaikan dengan kereta wisata Toraja, kereta wisata Bali dan kereta wisata Nusantara.

"Interior kereta wisata sendiri didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Indonesia. Pada kereta wisata, terdapat fasilitas khusus, seperti balkon VIP dengan jendela besar untuk bisa melihat pemandangan ke luar kereta secara leluasa, mini bar, ruang utama dengan karaoke system, toilet eksklusif, serta VVIP room tersedia di dalam kereta ini,” ungkapnya.

Perlu diketahui, KSAD Jenderal TNI Dudung merupakan inisiator pembangunan Masjid Syarif Abdurachman.

Masjid dengan luas bangunan panjang 41 meter dan lebar 41 meter dan tanah seluas 1.681 meter persegi ini mulai dibangun sejak ia meletakkan batu pertama pada 24 Mei 2022.

Lokasi masjid berada di area pemakaman Sunan Gunung Jati, karena KSAD Dudung masih keturunan dari sunan yang memiliki nama asli Syarif Hidayatullah itu.

Selepas rangkaian acara di Komplek Sunan Gunung Jati, Wapres melanjutkan perjalanan menuju Pondok Pesantren (Ponpes) Buntet di Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Di ponpes ini, wapres akan melakukan silaturahmi dengan Dewan Pengasuh Ponpes Buntet dan para ulama se-Kabupaten Cirebon.

Hari berikutnya, Sabtu (26/8) Wapres direncanakan menghadiri acara Haul ke-34 K H Aqil Siroj, dan Tasyakkur Khotmil Qur’an dan Juz Amma di Ponpes KHAS Kempek, Jl Tunggal Pegagan Kempek, Kecamatan Gempol, Cirebon. (rdh)

Sumber: