Kenang Perjuangan Pahlawan, Warga Kenanga Meriahkan HUT Kemerdekaan

Kenang Perjuangan Pahlawan, Warga Kenanga Meriahkan HUT Kemerdekaan

SIMBOLIS. Lurah Kenanga, Nugi serahkan hadiah kepada peserta lomba. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON -- Warga Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon memeriahkan HUT Kemerdekaan dengan berbagai atraksi kreatifitas seni. Puncaknya, dilangsungkan di halaman kantor kelurahan, Minggu (27/8). Simbolis mengenang perjuangan para pahlawan, yang telah mengantarkan kemerdekaan.

Semua unsur, terlibat tumpah ruah ikut memeriahkan. Tak hanya warga kelurahan, tapi jajaran pegawai kelurahan, LPM, RT/RW, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa ikut serta memeriahkannya.

Lurah Kenanga Nuggi Pranugrah Affandi mengatakan kemerdekaan Indonesia diraih melalui perjuangan para pahlawan. Memeriahkan hari kemerdekaan, bentuk suka cita atas keberhasilan perjuangan para pahlawan bangsa.

"Alhamdulillah pada hari ini, kami pihak kelurahan bersama semua unsur dan elemen masyarakat kelurahan Kenanga bisa melaksanakan puncak rangkaian acara HUT ke- 78 RI tingkat Kelurahan," katanya.

Warga dan masyarakat kelurahan Kenanga sangat menikmati. Mereka terlihat sangat antusias dan terhibur. Terlebih, momentum semacam ini sempat terputus, tidak boleh diselenggarakan semasa pandemi. "Jadi, acara seperti ini, sudah 3 tahun tidak dilaksanakan. Vakum. Karena pandemi Covid-19," katanya.

Tapi lanjut Lurah Nugi--sapaan untuknya, sebelum kemeriahan HUT RI ditingkat kelurahan, sebelumnya sudah terselenggara ditingkat RT dan RW. Warganya, sudah melaksanakan kemeriahan kemerdekaan dengan berbagai kegiatan.

"Kan identiknya dengan beraneka perlombaan. Nah, disini juga sama. Tidak jauh berbeda dengan desa dan kelurahan lainnya. Memeriahkan dengan berbagai hiburan juga," katanya.

Nugi menyebut, jalan sehat atau jalan santai menjadi salah satu dari rangkaian agenda yang diselenggarakan oleh kelurahan. Diselenggarakan demi meningkatkan kebersamaan, kekompakan dan sinergitas antar sesama warga. "Serta menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan sebagai masyarakat Kelurahan Kenanga," lanjutnya.

Ia pun berterimakasih, beragam kegiatan yang diselenggarakan di kelurahan, berjalan lancar. Kesuksesan itu, tidak lepas dari dukungan semua pihak."Saya sebagai lurah Kenanga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semuanya yang telah mendukung dan mensupport baik tenaga, pikiran, moril maupun materil," ucapnya.

Harapannya, kedepan kelurahan yang dipimpinnya kini, bisa lebih baik dan maju. Saat ini kata dia, kelurahan Kenanga terus melakukan pembenahan, baik infrastruktur maupun sarana prasarana penunjang lainnya.

"Kami pihak kelurahan Kenanga akan selalu mendukung dan mensupport berbagai kegiatan yang positif demi kemajuan kelurahan Kenanga dan dapat memberikan yang terbaik serta bermanfaat untuk warga dan masyarakat kelurahan Kenanga," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT ke - 78 kemerdekaan RI Kelurahan Kenanga, Ahmad menyampaikan ada beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI. Salah satunya jalan sehat atau jalan santai. Berkat dukungan dan suport berbagai pihak, kegiatan terselengara dengan baik.

"Sehingga kemeriahan HUT ke-78 kemerdekaan RI di kelurahan Kenanga yang penuh dengan kreatif dan meriah, berjalan sukses," ungkapnya.

Momentum ini kata dia, harus dijadikan sebagai pemacu semangat generasi penerus bangsa. Agar bisa meneruskan perjuangan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan. "Mari kita kembali mengenang jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan, isi kemerdekaan ini dengan kegiatan - kegiatan positif termasuk kerja positif," pungkasnya  (zen)

Sumber: