7 Manfaat Bunga Melati Menurut Islam

7 Manfaat Bunga Melati Menurut Islam

BUNGA MELATI-ist-rakyacirebon.id

Bunga melati merupakan bunga yang mempunyai banyak penggemar di Indonesia. 
Bunganya memiliki aroma yang harum dan memiliki arti penting dalam berbagaibudaya, termasuk dalam islam. 
Dalam islam, bunga melati mempunyai makna dan manfaat yang dalam baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam ibadah.
BACA JUGA:Manfaat Makan Bunga Melati Untuk Kesehatan Tubuh
Dalam kehidupan sehari-hari bunga melati sering digunakan sebagai bahan pengharum ruangan atau parfum.
Selain itu, bunga melati juga biasa digunakan dalam upacara pernikahan arena mempunyai arti pujian dan kesuburan.
Namun, dalam islam bunga melati ini memiliki manfaat yang lebih dalam. BACA JUGA:Manfaat Air Rebusan Bunga Melati Dalam islam, bunga melati dianggap mempunyai arti yang sangat penting. Bunga melati sering digunakan sebagai simbol cinta, kebersihan, dan kesucian.
Di Jawa bunga melati mempunyai nilai filosofis yang sangat tinggi dan bunga melati sering dijadikan simbol kesucian.
Selain itu, bunga melati juga menjadi bahan penting dalam berbagai upacara keagamaan seperti, pernikahan dan upacara keagamaan lainnya. BACA JUGA:Perbedaan jenis Minyak Zaitun, Extra Virgin Olive Oil dan Extra Light Olive Oil Manfaat Bunga Melati Menurut Islam, Diantarannya : 1. Bunga Melati Sebagai Simbol Kebersihan dan Keketuhanan Di dalam islam kebersihan adalah sebagian dari iman. Di dalam Hadist berbunyi : “Iman itu ada 70 cabang. Tertinggi cabangnya adalah perkataan Laa ilaaha illallah, dan yang paling rendah adalah berpikir jijik dari kotoran dijalan. ” (HR. Muslim no. 35) 2. Bunga Melati Sebagai Simbol Kebaikan dan Kesucian Dalam menjalankan ibadah, kesucian adalah salah satu hal yang penting. Di dalam Hadist berbunyi : “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222) 3. Bunga Melati Sebagai Penyegar Pikiran dan Menenangkan Jiwa Bau harum dari bunga melati dapat menyegarkan pikiran dan menenangkan jiwa. Dalam Islam, ketenangan jiwa merupakan bagian dari kesempurnaan iman. Di dalam Hadist “Allah melihat kepada isi hati dan amal perbuatan kamu.” (HR. Muslim no. 4353) BACA JUGA:3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Ketiak dan Cara Penerpannya 4. Bunga Melati Sebagai Penyembuh Penyakit dan Pelindung Diri Bunga melati memiliki khasiat dalam penyembuhan penyakit dan sebagai pelindung diri terhadap gangguan jin dan setan. Dalam Islam, selalu dilakukan usaha perlindungan terhadap gangguan jin dan setan.
Di dalam Hadist berbunyi : “Dan apakah kamu melihat orang yang melarang hamba (Muhammad) ketika ia hendak mengerjakan sholat?” (QS. Al-Maun: 9) 5. Bunga Melati Sebagai Penghancur Bau Busuk dan Penghilang Kotoran Bau harum dari bunga melati dapat menghilangkan bau busuk dan kotoran. Dalam Islam, menjaga kebersihan adalah bagian dari ibadah.
Di dalam Hadist berbunyi : “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia berkata yang baik atau dia diam.” (HR. Bukhari no. 6018) BACA JUGA:Macam-macam jenis minyak zaitun 6. Bunga Melati Sebagai Pelancar Rezeki dan Pembuka Pintu Rizki Bunga melati diyakini dapat melancarkan rezeki dan membuka pintu rezeki. Dalam Islam, meminta rezeki dan berusaha mendapatkannya adalah kewajiban. Di dalam Hadist berbunyi : “Berbuat baik kepada jiwa seorang muslim (saudara muslim lain) itu sedekah.” (HR. Bukhari no. 12) 7. Bunga Melati Sebagai Penyubur Tanah dan Pembawa Kesejukan Bunga melati diyakini dapat menyuburkan tanah dan membawa kesejukan bagi lingkungan sekitarnya. Dalam Islam, menjaga lingkungan hidup adalah salah satu amal saleh. Di dalam Hadist berbunyi : “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi setelah diadakan kerataannya. Dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan harap.” (QS. Al-A’raf: 56) BACA JUGA:Manfaat dan Keajaiban Minyak Zaitun Menurut Islam Itulah beberapa manfaat bunga melati menurut islam yang banyak sekali manfaatnya untuk kita pelajari.

Sumber: