MWCNU Kabupaten Cirebon Dituntut Bisa Menguatkan Bidang Perekonomian

MWCNU Kabupaten Cirebon Dituntut Bisa Menguatkan Bidang Perekonomian

Simbolis, penyerahan serah terima bentor dari PCNU Kab Cirebon ke MWC NU. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIRWBON.ID, CIREBON -- Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), di Kabupaten Cirebon diberikan armada motor roda tiga, oleh pemerintah daerah. Bentor biasa disebutnya. Demi menguatkan bidang perekonomian, mensejahterakan warga nahdliyyin. 

Bentor ini tidak hanya berfungsi sebagai operasional organisasi. Tetapi untuk memberdayakan, terutama warga Nahdliyyin agar mereka mendapatkan peluang usaha dalam bidang logistik.

"Bentor ini akan dikelola secara profesional, kemudian di bawah nanti akan dilaksanakan oleh mereka yang memenuhi persyaratan menjadi pelaku logistik di bidang retribusi logistik," kata Ketua PCNU Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozie. 

Secara spesifik kata Kang Aziz, bentor yang telah diserahterimakan akan didayagunakan untuk menjadi alat transportasi meningkatkan penjualan NU mineral. NU mineral ini adalah milik Nahdlatul Ulama.

Jadi, pihaknya berharap dengan adanya bentor ini, tingkat penjualan NU mineral akan lebih besar lagi. Perputaran uang juga akan banyak terjadi di tingkat kecamatan. 

"Sehingga secara prinsip Nahdlatul Ulama insya Allah role model ini dengan cara kita akan membangun data statistik keuangan dari mulai sebelum ada bentor, nanti setelah ada bentor itu berapa besar peningkatan jumlah omzet yang ada di kecamatan-kecamatan," katanya.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten Cirebon yang mengapresiasi gagasan yang menurutnya dianggap sebagai bagian role model.

"Karena ini merupakan mekanisme pemberdayaan yang kita anggap sistematis.Ini secara umum adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kecamatan-kecamatan," katanya. 

Usai melakukan serah terima 18 armada bentor yang digelar di Aula Center PCNU Kabupaten Cirebon tersebut, Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg, mengatakan serah terima dilakukan sebagai upaya pemerintah membantu menguatkan bidang ekonomi di tingkat MWCNU. 

Kata Imron, pemerintah daerah mengharapkan dengan adanya bentor, perekonomian PCNU bisa berkembang.

"Kami juga berharap PCNU Kabupaten Cirebon bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon di segala bidang, baik pendidikan, ekonomi, dan yang lain-lainnya," kata Imron.

Ia menjelaskan, ada 18 armada bentor yang diberikan ke MWCNU. Namun, nantinya akan ditambah lagi sebanyak 22 unit.

"Nanti ditambah lagi, jadi total ada 40. Ini untuk masyarakat nanti dikoordinatori MWCNU," ungkapnya. 

Ia berharap dengan adanya bentor ini, masyarakat di kecamatan atau MWCNU ini bisa membangun perekonomian di daerahnya.

Sumber: