DPUTR Peringati Hari Bakti PU ke-78, Ajak Insan Pekerjaan Umum Teladani Semangat Pahlawan Sapta Taruna

DPUTR Peringati Hari Bakti PU ke-78, Ajak Insan Pekerjaan Umum Teladani Semangat Pahlawan Sapta Taruna

Upacara Hari Bakti PU ke-78 di halaman kantor DPUTR, yang dilanjut dengan tasyakuran bersama seluruh pegawai.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon memperingati Hari Bakti PU ke-78, Senin (04/12).

Hari Bakti Pekerjaan Umum diperingati setiap tanggal 03 Desember, hanya saja, karena tanggal 3 merupakan hari libur, puncak peringatan di DPUTR Kota Cirebon dilaksanakan pada tanggal 04 Desember.

Puncaknya ditandai dengan Upacara Hari Bakti PU ke-78 di halaman kantor DPUTR, yang dilanjut dengan tasyakuran bersama seluruh pegawai di perangkat daerah leading sektor pembangunan infrastruktur tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon, Rachman Hidayat ST mengungkapkan, Hari Bakti PU sendiri, merupakan momen untuk kembali mengingat tragedi heroik tujuh insan Pekerjaan Umum yang gugur mempertahankan gedung departemen Pekerjaan Umum, saat ini dikenal dengan Gedung Sate, pada 3 Desember 1945 lalu.

"Ada beberapa pahlawan Pekerjaan Umum yang gugur mendahului, mengorbankan nyawa, untuk mempertahankan sebuah bangunan, 3 Desember 1945. Saat ini, kita harus mengambil semangat dari para pahlawan tersebut, demi kepentingan bangsa," ungkap Rachman dalam amanatnya saat menjadi pembina Apel.

Dari momentum tersebut, Rachman mengajak semua pegawai, insan Pekerjaan Umum di DPUTR, untuk meneladani semangat perjuangan tujuh pahlawan PU yang gugur saat itu, dimana mereka dengan gigih berjuang mempertahankan gedung Sate dari serangan musuh, dan saat ini nama ketujuhnya dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna.

"Saya mengajak semua, mari belajar, meneladani para pendahulu kita ini. Apa yang menjadi tugas kita adalah mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat," ujar Rachman.

Momen Hari Bakti PU, kata Rachman, harus menjadi penyemangat bagi para pegawai, untuk kedepan bisa bekerja lebih maksimal, menghadirkan infrastruktur yang baik untuk masyarakat Kota Cirebon.

"Tanpa henti-henti, saya juga mengingatkan kembali, apa yang sudah dicapai oleh rekan-rekan, melalui kerjasama, kekompakan dan keikhlasan bisa terus dilanjutkan, sehingga apa yang menjadi cita-cita, infrastruktur yang baik di Kota Cirebon bisa terwujud. Menjelang akhir tahun, kita harus melakukan akselerasi, karena masih banyak PR yang harus diselesaikan," kata Rachman.

Rangkaian Hari Bakti PU ke-78 di Kota Cirebon, sudah dimulai sejak akhir pekan lalu, diawali dengan kegiatan jalan santai sekaligus bersih-bersih di Kawasan Bima, normalisasi saluran di kawasan Bima hingga agenda puncak, Apel Hari Bakti PU yang ditutup tasyakuran. (sep)

Sumber: