Tak Ada Persiapan Khusus Hadapi Debat Capres

Tak Ada Persiapan Khusus Hadapi Debat Capres

Capres, Ganjar Pranowo saat menghadiri Kuliah Kebangsaan di Universitas Muhamadiyyah Cirebon (UMC), Jumat (8/12).--

RAKYATCIREVON.ID, CIREBON -- Ganjar Pranowo tidak mempersiapkan materi apapun menghadapi agenda KPU, debat Capres yang dijadwalkan 12 Desember nanti. 

"Ngga ada (persiapan,red) sudah biasa (debat,red). Setiap saat. Tinggal jalan aja," kata Ganjar saat menghadiri Kuliah Kebangsaan di Universitas Muhamadiyyah Cirebon (UMC), Jumat (8/12).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu tidak khawatir menghadapi agenda yang telah dijadwalkan KPU.

"Kan jadwalnya sudah ada. Kalau debat ya tinggal debat saja. Tinggal jalan saja," katanya. 

Ia pun mengajak agar semua pihak bisa menjalankan pemilu secara damai. Semua saling menjaga dan mengontrol, agar tetap fair dan damai. 

"Ya, itu (pemilu damai,red) harus kita laksanakan. Saling menjaga dan mengontrol serta tetap fair.

Kalau pemilu tidak dijalankan secara fair, maka akan memicu terjadinya konflik. "Orang akan terpancing pada situasi itu (kalau tidak fair,red)," tuturnya. 

Makanya lanjut mantan Gubernur Jawa Tengah, ia mengajak agar ketika kampanye maupun saat agenda debat nanti, bisa menggunakan kalimat yang baik.

"Saat kampanye maupun saat debat nanti dan seterusnya," katanya. 

Sebagaimana diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) sudah menjadwalkan agenda debat Capres. Sudah ditetapkan agenda debat akan ada beberapa putaran. 

Debat diawali nanti Selasa 12 Desember yang disiarkan langsung di televisi. Tema yang akan diangkat terkait isu pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. (zen)

Sumber: