Unikom Bandung Gelar 1st International Community Service di Kota Cirebon

Unikom Bandung Gelar 1st International Community Service di Kota Cirebon

Rektor Unikom Bandung beserta jajaran disambut oleh Kepala DKUKMPP dalam program pengabdian yang dilaksanakan Unikom di Kota Cirebon, Rabu (20/12). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Universitas Komputer Indonesia (Unikom) melaksanakan 1st International Community Service, atau pengabdian dan pemberdayaan masyarakat Internasional di Kota Cirebon.

Selama dua hari, tanggal 20 dan 21 Desember 2023, Unikom berkolaborasi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) memberikan pelatihan peningkatan kualitas UMKM di Kota Cirebon.

Dengan mengedepankan tema besar 'Implementasi ilmu manajemen berbasis IT dalam meningkatkan kinerja UMKM batik dan makanan kuliner di Kota Cirebon', dalam programnya, Unikom melatih pelaku UMKM di dua sektor, fashion batik dan kuliner, dengan menghadirkan pembicara Internasional dari negara Somalia.

"Selain offline yang hanya diikuti puluhan pelaku UMKM, pelatihan ini juga kita bika hybrid, dua ratusan peserta ikut bergabung," demikian disampaikan Rektor Unikom Bandung, Prof Dr Ir H Eddy Soeryanto Soegoto MT.

Kota Cirebon, dijelaskan Eddy, memiliki berbagai faktor yang membuat Unikom menjatuhkan pilihan, melaksanakan 1st International Community Service di Kota Wali ini.

Selain karena akses dari Bandung yanh saat ini sangat mudah dan cepat, kata Eddy, kelebihan lain, adalah Kota Cirebon sudah punya ke-khasan sendiri, yang bisa menjadi sasaran programnya dengam goals kedepan, bisa meningkatkan kualitas para pelaku UMKM nya.

Dua sektor yang menjadi sasaran, masih kata Eddy, adalah pelaku UMKM di bidang fashion batik dan juga kuliner, dimana Cirebon sangat kaya akan kuliner khas.

Dari situ, Unikom turun melalui program 1st International Community Service, dengam harapan, bisa menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas UMKM, sehingga dampak lebih jauhnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.
"Tidak hanya disini, di program ini, kita juga siapkan MoU tertulis dengan Pemkot Cirebon, sehingga kerjasama kita akan berlanjut," kata Eddy.

Sementara itu, Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman, menyambut baik kolaborasi yang terjalin antara Pemkot Cirebon dengan Unikom Bandung dalam program 1st International Community Service ini.
"Kami sebagai wakil Pemkot Cirebon, mengapresiasi kerjasama ini, ini berkah bagi Kota Cirebon, bisa berkolaborasi dengan kampus-kampus unggul," ungkap Iing.

Unikom, kata Iing, menjadi perguruan tinggi hebat selanjutnya, yang menjalin kolaborasi dengan Pemkot Cirebon, sehingga kedepan, kolaborasi diharapkan tetap berlanjut, sehingga pengembangan dan pemberdayaan UMKM di Kota Cirebon bisa masif dilakukan.

"Kami bersyukur, karena hari ini, UMKM kami dibawa go Internasional oleh Unikom, ada pembicara Dorector of AIMS, Abdisamad Abdirahman Omar PhD dari Somalia, yang menyampaikan materi secara hybrid," kata Iing. (sep)

Sumber: